Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Soal Ulangan Ilmu Hadis Kelas X Agama Semester Ganjil

1. Segala sesuatu yang disandarkan kepada Nabi Muhammad berupa perkataan, perbuatan, taqrir, atau sifat disebut…..
a. sunnah                d. hadis qudsi
b. hadis                    e. qiyas
c. ijma’
اَقْوَالُهُ وَاَفْعَالُهُ وتَقْرِيْرُهُ الَّتِى تَثْبُتُ اْلاَحْكَامُ وَتَقَرَّرُهَا
2. Pengertian hadis tersebut diatas adalah menurut……..
a. ulama hadis  c. muhaddisin      e. ijma’ ulama
b. ulama tafsir  d. ulama usul
3. Ditinjau dari segi bahasa ,kata hadits mempunyai beberapa arti,diantaranya adalah
a. Perintah c.   acara e.   lama
b. dekat d.  aturan
4. Ilmu-ilmu yang membahas atau berkaitan dengan hadis Nabi Muhammad saw disebut…
 a. Hadis                    d. hadis dirayah
 b. hadis riwayah      e. hadis qauliyah
 c. ulumul hadis
5. Ilmu pengetahuan yang mencakup perkataan dan perbuatan Nabi SAW, baik periwayatannya, pemeliharaannya, maupun penulisan atau pembukuan lafaz-lafaznya, adalah pengertian hadis riwayah menurut……
a. Ibnu al-Akfani d. As-Suyuti
b. Muhammad ‘Ajjaj al-Khatib e. Imam Muslim
c. Imam Al-Bukhori
6. Kumpulan kaidah-kaidah yang diketahui dengannya kedaan perawi dan sesuatu yang diriwayatkan, adalah pengertian……
a. Ilmu hadis d. Ilmu hadis riwayah
b. Ilmu hadis dirayah e. Ilmu nasikh wal-mansukh
c. Ilmu rijal al-hadis
7. Nabi Muhammad saw ketika kembali mengerjakan Isra’ Mi’raj lalu mengajarkan para sahabatnya tata cara sholat,zakat dan lain-lainya termasuk katagori hadits
a. Pi’liyah c.   taqririyah e.   hammiyah
b. Qauliyah d.   ahwaliyah
8. Pada suatu ketika Nabi berjalan bersama para sahabatnya ditengah perjalanan Nabi meliat Khalid bin walid sedang membakar daging biawak,Khalid bin walid menyuruh Nabi untuk mencicipi daging tersebut Nabi menjawab daging ini tidak biasa saya makan,ini termasuk katagori hadits
a. Pi’liyah c.   taqririyah e.   hammiyah
b. Qauliyah d.   ahwaliyah
9. Nabi Muhammad saw pernah berkumpul dengan para sahabat,pada saat itu Nabi melihat Abu Bakar memakai cin-cin terbuat dari emas dan perak lalu Nabi perintahkan Abu Bakar untuk membuangnya,termasuk katagori hadits
a. Pi’liyah c.   taqririyah e.   hammiyah
b. Qauliyah d.   ahwaliyah
10. Secara garis besar objek kajian atau pokok bahasan ilmu hadis dirayah adalah….
a. Ketersambungan sanad d. sanad dan matan
b. matan e. sanad
c. redaksi hadis
11. Dibawah ini adalah bagian dari pembahasan sanad kecuali…….
a. ‘illat d. martabat sanad
b. syaz e. fasad al-ma’na
c. ittisal as-sanad
12. Rangkaian atau urutan rijal yang mengantar kepada matan hadis disebut…..
a. matnul hadis            d. ‘illat hadis
b. sanadul hadis          e. hadis sohih
c. syadz
13. Ilmu yang tidak membicarakan syadz dan ‘illat matan hadis adalah…..
a. rijalul hadis                      d. ilmu hadis riwayah
b. ilmu hadis dirayah          e. jarh wa ta’dil
c. ilmu mushtholahul hadis
14. Qaul Nabi yang terletak dipenghujung sanad disebut……
a. rowi hadis                d. sanad hadis
b. marwi hadis                  e. ilmu hadis
c. matan hadis
15. Mengetahui kualitas sebuah hadis, apakah ia maqbul (diterima) dan mardud (ditolak), baik dilihat dari sudut sanad maupun matannya adalah faedah mempelajari…….
a. ilmu hadis                      d. ilmu hadis dirayah
b. ilmu hadis riwayah        e. ilmu rijalul hadis
c. ilmu asbabul wurud
16. Ilmu mushtholahul hadits adalah nama lain dari ……
a. ilmu rijalul hadits          d. talfiq hadits
b. goribul hadits                e. ilmu hadis riwayah
c. ilmu hadis dirayah
17. Untuk menghidari adanya penukilan hadis yang salah dari sumbernya yang utama yaitu Nabi SAW. adalah fungsi mempelajari ……
a. ilmu hadis                    d. ilmu hadis diroyah

b. ilmu hadis riwayah        e. nasikh wa mansukh
c. ilmu ushul fiqhi
18. Arti dhabit pada ilmu hadis adalah….
a.   jujur                          d. kuat ingatan
b.  adil                            e. lemah ingatan
      c. bijaksana
19. Abu Bakar as-Siddiq,menurut Aisyah pernah membakar catatannya yang berisi sekitar 500 hadis. Hal itu dilakukan karena….
a. beliau sedih kehilangan Rasulullah
b. beliau khawatir berbuat salah dalam meriwayatkan hadis
c. beliau tidak menyukai hadis Nabi
d. beliau sudah hafal semua hadis yang disampaikan Rasul SAW
e. beliau ingat larangan Nabi SAW untuk tidak menulis hadis-hadisnya
20. Periwayatan hadis dapat diterima apabila disertai saksi, atau periwayat berani disumpah. Ini adalah syarat periwayatan hadis dapat diterima menurut…..
a. Umar bin Khattab r.a d. Anas bin Malik
b. Imam Al-Bukhori e. Abu Bakar As-Siddik  dan Umar bin Khattab
c. Abu Bakar as-Siddiq
21. Periode ‘asru intisyar ar-riwayah terjadi pada masa…..
a. tabiin d. Rasulullah
b. sahabat e. tabiut tabiin
c. Rasulullah dan sahabat
22. Pembukuan hadis pertama kali dilakukan pada masa……
a. Khalifah Umar bin Abdul Aziz d. Khalifah Harun Ar-Rasyid
b. Khalifah Ali bin Abi Thalib e. Khalifah Usman bin Affan
c. Khalifah Umar bin Khattab
23. Kitab hadis yang merupakan hasil kodifikasi pada tahap permulaan adalah karya Imam Malik bin Anas, berjudul:
a. Al-Jami’usshohih d. as-Sahih
b. as-Sunan e. al- Muwatta’
c. as-Sahifah
24. Abdurrahman bin Sakhr al-Azdi lebih terkenal dengan panggilan ….
  a. Anas bin Malik                  d. Zaid bin Tsabit
  b. Abdullah bin Umar            e. Ibnu Umar
  c. Abu Hurairah
25. Abu Hurairah paling banyak menghafal hadis Nabi SAW , karena fator-faktor  dibawah ini kecuali…..
a. usianya cukup panjang d. penghuni suffah di masjid Nabawi
b. hafalan dan ingatannya kuat e. pertama kali masuk Islam
c. selalu menghadiri majlis Nabi
26. Perhatikan pernyataan berikut:
1. ia tergolong sahabat terdahulu masuk Islam dan berusia panjang
2. selalu hadir di majlis-majlis Nabi SAW dan menghafal 2.630 hadis
3. tidak punya ambisi kedudukan dan menjauhkan diri dari berbagai konflik politik
      Pernyataan tersebut diatas menggambarkan sosok periwayat hadis bernama….
  a. Anas bin Malik                  d. Zaid bin Tsabit
  b. Abdullah bin Zubair            e. Ibnu Umar
  c. Abu Hurairah
27. Nabi SAW memanggilnya “Ya zal-uzunani” dan mendo’akannya agar Allah memperbanyak harta  dan anaknya serta menjadi penghuni surga. Ungkapan Nabi tersebut diperuntukan bagi periwayat hadis bernama…..
a. Imam Al-Ghazali d. Anas bin Malik
b. Abu Hurairah e. Abdullah bin Abbas
c. Abdullah bin Umar
28. Al-mukassirun fil hadis adalah sebutan bagi sahabat Nabi SAW yang meriwayatkan hadis….
a. lebih dari 500 hadis d. lebih dari 2000 hadis
b. kurang dari 1000 hadis e. antara 500 sampai 1000 hadis
c. lebih dari 1000 hadis
29. Salah seorang “al-mukassirun fil hadis” yang merupakan anak dari paman Nabi saw. adalah….
a. Abdullah bin Mas’ud d. Malik bin Anas
b. Abdurrahman bin Auf e. Anas bin Malik
c. Abdullah bin Abbas
30. . اَلَّلهُمَّ فَقِّهْهُ فِى الدِّيْنِ وَعَلَّمَهُ التَّأْوِيْلَ    adalah do’a Nabi saw. untuk……
     a. Abdullah bin Mas’ud d. Malik bin Anas
     b. Abdurrahman bin Auf e. Anas bin Malik
     c. Abdullah bin Abbas
31. Hadis terhimpun secara tertib bab perbab terjadi pada masa…..
  a. tabi’in                      d. rasulullah dan sahabat
  b. rasulullah                e. tabiut tabi’in
  c. sahabat
32. Kata atsar dari segi bahasa mempunyai arti sebagai berikut
a. Sesuatu yang baru d.   do’a
b. Sisa dari sesuatu e.   debu
c. Barang bekas
33. Para ulama’ berbeda pendapatdalam memahami istilah hadits,sunnah,khabar,dan atsar,untuk menghindari perbedaan tersebut ulama’ahli fiqih memakai istilah atsar hanya untuk
a. Para sahabat,tabiin,dan ulama’salaf d. Nabi dan ulama’salaf
b. Nabi dan tabiin e. Nabi dan khulafaurrasyidin
c. Jumhur ulama’
34. Khabar dari segi bahasa diartikan oleh ulama’hadits adalah
a. Warta berita d.   desas desus
b. Peristiwa e.   isu
c. Sisa sesuatu
35. Berbagai pendapat para ulama’haditsmendifinisikan khabar sebagai berikut
a. Suatu berita yang diterima dari Nabi Muhammad saw,sahabat,dan tabi’in d. Suatu berita yang diterima dari sahabat dan tabi’in
b. Suatu berita yang mengandung hukum               e. Suatu berita yang khusus dari sahabat Nabi
c. Suatu berita yang berasal dari ulama’ hadits
36. Puncak kejayaan pembukuan hadis terjadi pada abad…
  a. 4 H                            d. 1 H
  b. 3 H                            e. 5 H
  c. 2 H
37. Sufyan Ats-Tsauri adalah ulama’ yang membukukan hadis di….
  a. Mekah                            d. Bashrah
  b. Madinah                          e. Siriya
  c. Kufah
38. Abu Abdillah Muhammad bin Ismail adalah nama lain dari…….
a. Imam at-Turmuzi d. Imam Muslim
b. Imam Abu Daud e. Imam al-Bukhori
c. Imam An-Nasa’i
39. Dibawah ini adalah para ahli hadis yang menjadi guru Imam Bukhori kecuali…….
a. Anas bin Malik d. Yahya bin Ma’in
b. Ali bin al-Madani e. Muhammad bin Rahawaih
c. Imam Ahmad bin Hambal
40. Para ulama memberikan gelar kepada Imam al-Bukhari dengan sebutan….
a. asy-syaikhani d. Muhsin Nisabur
b. Amirul mu’minin fil hadis e. Muttafaqun ‘Alaih
c. al-hafiz
41. Imam Muslim dilahirkan di….
a. Bukhora d. Uzbekistan
b. Nisabur e. Bagdad
c. Samarkan
42. Asy-syaikhani adalah panggilan kehormatan bagi………
a. Imam al-Bukhari d. Imam Muslim
b. Imam at-Turmuzi e. guru besar
c. Imam Muslim dan Imam al-Bukhari
43. Pentakhrij hadis yang berguru kepada Imam Ahmad bin Hambal dan ia penganut fiqih mazhab Hambali adalah…
a. Imam an-Nasa’I d. Imam at-Turmuzi
b. Imam al-Bukhari e. Imam Ibnu Majah
c. Imam Abu Daud
44. Pentakhrij hadis yang menulis kitab hadis dengan cara mengklasifikasikan kualitas hadis menjadis sahih, hasan dan da’if, adalah……..
a. Imam an-Nasa’I d. Imam at-Turmuzi
b. Imam al-Bukhari e. Imam Ibnu Majah
c. Imam Abu Daud
45. Muttafaq ‘Alaih adalah istilah dalam hadis yang periwayatannya disepakati oleh…..
a. Imam an-Nasa’I dan Imam Abu Daud d. Imam at-Turmuzi dan Imam Ibnu Majah
b. Imam al-Bukhari dan  Imam at-Turmuzi e. Imam Bukhori dan Imam Muslim
c. Imam Abu Daud dan Imam Muslim
46. Imam hadis yang lahir bertepatan dengan tahun meninggalnya sahabat Anas bin Malik ra adalah……..
a. Imam Abu Daud d. Imam at-Turmuzi
b. Imam Malik bin Anas e. Imam ad-Darimi
c. Imam an-Nasa’i
47. Sulaiman bin al-Asy ‘asy bin Ishaq, adalah nama lengkap dari……
a. Imam Abu Daud d. Imam at-Turmuzi
b. Imam Ahmad bin Hambal e. Imam ad-Darimi
c. Imam an-Nasa’i
48. Imam Ahmad bin Hambal dilahirkan dikota…..
a. Bagdad d. Madinah
b. Bashrah e. Uzbekistan
c. Makkah
49. Apabila semua umat islam mengakui dan membenarkan kerasulan Muhammad saw konsekwensi logisnya adalah
a. Menerima apa yang dibawanya d. Cukup diimani
b. Karena Rasul juga manusia maka dia juga bisa salah e. Sebagai bahan pertimbangan untuk menetapkan hukum
c. Menerima apa yang bisa ditambah
50. Salah satu fungsi hadits adalah sebagai bayan at-tafsir maksudnya
a. Memberikan rincian dan penjelasan terhadap ayat-ayat Al-Qur’an yang masih global
b. Menetapkan hukum tersendiri yang belum dijumpai dalam Al-Qur’an
c. Menjelaskan adanya perbedaan antara Al-Qu’an dan dan hadits
d. Menguatkan hukum yang telah ada dalam Al-Qur’an
e. Menjelaskan ayat Al-Qur’an yang bersifat mutlak

DOWNLOAD - Bank Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) SMA/MA 

Post a Comment for "Soal Ulangan Ilmu Hadis Kelas X Agama Semester Ganjil"