Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Soal Ulangan Semester Bahasa Indonesia Wajib Kelas X - K13

Bacalah teks di bawah ini, dengan saksama!(untuk soal nomor 1 - 6)
MAKHLUK DI BUMI INI
Benda di dunia dapat dikelompokkan atas persamaan dan perbedaannya. Dengan pengelompokan, benda-benda itu lebih mudah dipelajari.
Semua benda di dunia ini dapat diklasifikasi menjadi dua kelompok, yaitu benda hidup dan bendamati.Yang pertama sering disebut makhluk hidup dan yang kedua disebut makhluk mati. Benda hidup mempunyai ciri-ciri umum, seperti bergerak, bernafas, tumbuh, dan mempunyai keturunan. Benda hidup juga membutuhkan makanan. Benda mati dibedakan dari benda hidup karena benda mati tidak mempunyai ciri-ciri umum tersebut. Kera, tumbuh-tumbuhan, ikan, dan bunga adalah contoh benda hidup. Sementara itu, kaca, air, plastik, baja, dan oksigen adalah contoh benda mati.
Benda hidup dapat dikelompokkan lagi menjadi binatang dan tumbuh-tumbuhan. Pengelompokan itu dilakukan karena keduanya berbeda dalam beberapa hal. Tumbuh-tumbuhan tidak dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Tumbuh-tumbuhan tidak mempunyai otak, jantung, paru-paru,dandarah, tetapi hidup. Selainitu, tumbuh-tumbuhan dapat melakukan sesuatu yang sangat penting yang tidak dapat dilakukan oleh binatang. Tumbuh-tumbuhan dapat menghasilkan makanan sendiri, sedangkan binatang tidak. Rumput, gandum, dan tanaman keras adalah jenis tumbuh-tumbuhan. Namun, tidak semua tumbuh-tumbuhan mempunyai bunga. Oleh karena itu, tumbuh-tumbuhan dapat dikelompokkan menjadi tumbuh-tumbuhan berbunga dan tumbuh-tumbuhan tidak berbunga. Mawar,  jagung, dan tanaman buah mempunyai bunga, tetapi jamur, lumut, dan pakis tidak.
Selanjutnya, binatang dapat dibagi menjadi vertebrata dan invertebrata. Vertebrata bertulang belakang meliputi manusia, burung, anjing, katak, dan lain-lain, sedangkan invertebrata tidak bertulang belakang meliputi ubur-ubur, kupu-kupu, dan laba-laba. Terdapat lima kelompok vertebrata, yaitu mamalia, burung, amfibia, reptilia, dan ikan. (Bahasa Indonesia:Ekspresi Diri dan Akademik -2014- hal.5)

1.         Teks di atas merupakan laporan hasil observasi karena struktur dalam teks tersebut tersusun dengan memaparkan...
A.         Anggota atau aspek yang dilaporkan, lalu diikuti oleh pengklasifikasian benda.
B.         Pengelompokkan benda menurut penulis lalu dituangkan dalam klasifikasi yang mendukung.
C.         Benda-benda yang diklasifikasikan umum lalu diikuti oleh benda-benda yang tidak umum.
D.         Pernyataan umum atau klasifikasi kemudian diikuti oleh anggota atau aspek yang dilaporkan.
E.         Pengklasifikasian secara ilmiah dan logis kemudian dilaporkan sesuai aspek penelitiannya.
2.         Berdasarkan strukturnya, paragraf pertama teks observasi di atas adalah bagian...
A.       definisi umum                                     C. deskripsi bagian
B.       pernyataan umum                              D. deskripsi manfaat                                           E. deskripsi umum
3.         Yang menjadi objek dalam penelitian tersebut adalah...
A.         benda-benda di dunia                     C. beragamnya jenis hewan
B.         makhluk hidup di dunia                   D. bentuk tumbuhan di dunia                            E. persebaran flora dan fauna
4.         Kalimat berikut yang tidak menggunakan kata bersinonim dengan frasa ”dibagi menjadi” adalah...
A.       Benda di dunia ini dapat diklasifikasikan menjadi dua kelompok, yaitu benda hidup dan benda mati.
B.       Benda hidup dapat dikelompokkan lagi menjadi binatang dan tumbuh-tumbuhan
C.      Hewan yang bertulang punggung dapat disebut vertebrata.
D.      Kelompok hewan telah dipilah menjadi dua yaitu vertebrata dan avertebrata
E.       Benda hidup dapat digolongkan menjadi kelompok hewan dan kelompok tumbuh-tumbuhan.
5.         Pada paragraf ketiga kalimat ketiga, terdapat kata ‘bergerak’. Berikut ini merupakan antonim kata tersebut adalah...
A.         pasif                    B. statis                                  C. Elastis                               D. dinamis                             E. fluktuatif
6.         Di bawah ini merupakan kalimat kompleks yang terdapat dalam teks di atas...
A.         Benda hidup juga membutuhkan makanan.
B.         Kaca, air, plastik, baja, dan oksigen adalah contoh benda mati.
C.         Dengan pengelompokan, benda-benda itu lebih mudah dipelajari.
D.         Tumbuh-tumbuhan tidak dapat bergerak dari satu tempat ke tempatlain.
E.         Yang pertama sering disebut makhluk hidup dan yang kedua disebut makhluk mati.

Perhatikan teks berikut!
Kebersihan kelas banyak sekali manfaatnya, baik bagi guru maupun bagi siswa yang mengikuti pembelajaran di kelas tersebut. Dengan kelas yang bersih tampak guru dan siswa merasa betah melakukan pembelajaran. Tidak ada lagi gangguan KBM akibat kelas yang kotor. Di kelas yang bersih itu guru dan murid akan terhindar serangan virus atau kuman penyakit yang senang di tempat-tempat yang kotor. Dengan demikian mereka akan mendapat rahmat dari Tuhan karena menjaga kebersihan itu termasuk sebagian dari iman.
7.         Teks laporan hasil observasi di atas isinya tentang ...
A.       klasififikasi tentang akibat kelas yang bersih
B.       meyakinkan pembaca agar hidup bersih dibudayakan                             D. menjelaskan beberapa manfaat kebersihan kelas
C.      memberi argumentasi tentang pentingnya hidup bersih                           E. melukiskan betapa indahnya kelas yang bersih.

Bacalah secara saksama!
Kentang sangat baik dikonsumsi oleh orang yang sedang melaksanakan program diet. Namun, jenis kentang sangatlah bervariasi di pasaran. Oleh karena itu, kita harus pintar memilih mana kentang yang bermutu dan kentang yang kurang baik. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah warna kulit kentang. .... jangan memilih kentang yang berwarna kuning kehijauan. Kemudian usahakan membeli kentang yang tidak banyak lubang pada permukaan kulitnya. Karena kentang yang tidak banyak lubangnya atau licin lebih bagus daripada kentang yang banyak lubangnya.
8.         Kalimat yang sesuai untuk melengkapi bagian rumpang dalam paragraf tersebut adalah...
A.       Pilihlah kentang yang berukuran besar.
B.       Belilah kentang di swalayan, jangan di pasar tradisional.                        D.  Warna kentang sangat menarik dan bervariasi
C.      Pilihlah kentang yang warnanya kuning kecoklatan.                                 E.   Kerupuk kentang sangat digemari anak-anak.                                     
Perhatikan dua kalimat berikut!
(1)       Kebersihan kelas terbukti banyak sekali manfaatnya, baik bagi guru maupun siswa dalam pembelajaran.
(2)       Kebersihan kelas harus kita budayakan penerapannya.
9.         Konjungsi yang paling tepat untuk menggabung dua kalimat di atas adalah...
A. karena itu                                                B. sekali lagi                         C. lagi pula                           D. karena                              E. sedangkan
10.      Salah satu ciri kebahasaan teks laporan observasi adalah menggunakan kalimat simpleks.
Di bawah ini yang termasuk kalimat simpleks adalah...
A.       Anak-anak berlari saat melihat balon udara terbang.
B.       Jumadil menggambar beruang yang sedang minum di telaga.
C.      Marhamah tersenyum ketika Marconah terpeleset.
D.      Guru matematika itu sedang mengajarkan tari kuda lumping.
E.       SBY mengajukan protes, sementara Australia tidak bergeming.
11.      Kalimat kompleks adalah kalimat yang terdiri dari dua struktur atau lebih dengan dua verba atau lebih.
Yang termasuk kalimat kompleks di bawah adalah...
A. Gusi dapat membengkak karena bakteri bersarang di gusi
B. Keadaan ekonomi di berbagai daerah di Indonesia mengalami penurunan
C. Mulut merupakan jendela bagi kesehatan kita secara keseluruhan
D. Mereka mengeluarkan uang hingga ratusan juta rupiah
E. Peranan karet sangat penting dalam perekonomian Indonesia

Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1.     Mendaftar topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi laporan.
2.     Melakukan pemgamatan atu observasi lapangan dengan kreteria objek menarik yang dikuasai
3.     Mengembangkan yang telah disusun menjadi suatu teks secara padu
4.     Menyusun kerangka laporan dengan menomori topik-topik sesuai dengan urutan yang dikehendaki
12.      Urutan langkah-langkah menyusun teks laporan hasil observasi yang tepat adalah...
A.    1 – 2 – 3 – 4                                          C. 3 – 4 – 2 – 1                                     E. 4 – 3 – 2 – 1
B.    2 – 3 – 4 – 1                                          D. 2 – 1 – 4 – 3
13.      Kalimat-kalimat berikut yang merupakan kalimat definisi adalah...
A.       Harimau dapat mencapai tinggi 1,5 meter, panjang 3,3 meter, dan berat 300 kilogram.
B.       Bulunya berwarna putih dan cokelat keemas-emasan dengan belang atau loreng berwarna hitam.
C.      Kuda mempunyai ekor sepanjang satu meter
D.      Harimau (Panthera tigris) digolongkan ke dalam mamalia, yaitu binatang yang menyusui pemakan daging.
E.       Kucingku berwarna hitam, matanya bulat, dan bersinar.

Perhattikan paragraf berikut!
   Harimau dapat mencapai tinggi 1,5 meter, panjang 3,3 meter, dan berat 300 kiligram. Bulunya berwarna putih dan coklat keemasan dengan belang atau loreng berwarna hitam. Gigi tarinya kuat dan tajam untuk mengoyak daging. Kakinya berjumlah empat dengan cakar yang kuat untuk menerkam mangsanya.
14.    Teks laporan di atas berbentuk...
         A.definisi                      B. deskripsi                           C. eksposisi                          D. klasifikasi                         E. argumentasi

Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
Adikku pandai, ramah, dan penyabar. (1)
Harimau itu gemuk, sehat, dan penurut.(2)
Harimau hewan pemangsa yang menjadikan sesama hewan sebagai santapan makannya.(3)
Pensil adalah alat tulis yang hasil tulisannya dapat dihapus dengan mudah.(4)
15.     Yang termasuk kalimat deskripsi adalah...
A.       (1) dan (2)            B. (1) dan (3)                        C. (1) dan (4)                        D. (2) dan (3)                        E. (2) dan (4)

Perhatiakn kata-kata berikut!
1) Sakit, sedih, alamiah 2) Sekarang, bacalah, tagihan 3) berbelanja, dibayar, mengisi 4) pembayaran, penulis, pembaca                   5) menggunakan, membacakan, dengarkan
16.      Kelompok kata di atas yang termasuk verba adalah...
A. 1 dan 2                    B. 2 dan 3                              C. 3 dan 4                             D. 2 dan 5                             E. 3 dan 5

Perhatikan kata-kata dibawah ini!
1) pembanding, pemandu 2) laporan, pengumuman 3) kreatif, kritis 4) perhatikan, sebarkan 5) berbeda, menjelajah
17.      Kelompok kata di atas yang termasuk ‘nomina’ adalah...
A. 1 dan 2                    B. 2 dan 3                              C. 3 dan 4                             D. 4 dan 5                             E. 1 dan 5


         Bacalah penggalan teks eksposisi di bawah ini (untuk soal nomor 18 dan 19)!
(1)   Media itu mengangkat hasil riset dari McKinsey dan Standard Chartered yang mengatakan bahwa ekonomi Indonesia akan melampaui Jerman dan Inggris pada tahun 2030. (2) Indonesia diperkirakan memiliki sekitar 90 juta orang yang berada di kelompok consuming class. (3). Apabila potensi itu tidak diwujudkan dalam aksi dan momentum yang baik dilewatkan begitu saja karena kita begitu asyik dengan urusan lain, prediksi para investor tersebut tidak akan menjadi kenyataan.
18.     Struktur teks eksposisi di atas terdiri atas...
A.    tesis dan penegasan                                          C. tesis^argument^penegasan                        
B.    tesis^penegasan^argument                              D. argument^penegasan^tesis                         E. tesis dan argumen
19.      Kalimat yang menyatakan argumentasi berdasarkan bacaan di atas terdapat pada nomor…
A.1 dan 2                                     B. 1                                         C. 2                         D. 3                        E. 2 dan 3
20.     Berikut ini adalah yang bukan karakteristik bahasa teks eksposisi...
A.     Menggunakan kata-kata denotatif                                   D. Banyak menggunakan kata-kata kajian
B.     kalimatnya efektif                                                                 E. Banyak menggunakan gaya bahasa.                                                        
C.    Mengacu pada EYD
         Perhatikan teks eksposisi di bawah ini (untuk soal nomor 21, 22 dan 23)!
(1)  Bangsa-bangsa Asia Tenggara segera berintegrasi. (2) Organisasi Association of Southeast Asian Nations (Asean) telah merancang bentuk komunitas sosial budaya.(3)  Komunitas Asean mulai berlaku pada tahun 2015. (4) Warga komunitas, termasuk kita semua sebagai rakyat Indonesia akan dituntut plurilingual untuk memiliki kompetensi berbahasa negara lain.(5) Komunitas sosial budaya Asean dibentuk dengan semangat persatuan dalam keanekaragaman.(6) Pada kenyataannya, semangat Komunitas Asean sama dengan masyarakat Uni Eropa (Europeans United in Diversity). (8) Di Uni Eropa untuk memasuki pintu gerbang budaya setiap negara, semua orang tentu telah mengenal kebijakan Europass Language Passport yang dikeluarkan oleh the Council of Europe dengan dokumen teknis Common European Framework of Reference (CEFR) for Languages.(8) Kebijakan bahasa itu mendorong warga masyarakat Uni Eropa menjadi plurilingual sehingga semua bahasa Eropa dapat duduk pada posisi yang sama, misalnya di parlemen Uni Eropa.
21.    Berdasarkan teks bacaan di atas, pronomina dapat ditemukan pada kalimat nomor…
A.         1                                           B.  2                                        C. 3                                         D. 4                                         E. 5
22.     Berdasrkan teks di atas kalimat yang menyatakan fakta terdapat pada nomor…
A.    1, 2, 3                                     B. 2, 3, 4                                C. 3, 4, 5                                D. 4, 7, 8                                E. 2, 6, 8
23.    Kalimat yang menyatakan opini dalam teks  di atas terdapat pada kalimat nomor…
A. 1, 2, 3                                        B. 1, 3, 4                                C. 2, 3, 4                                D. 6, 7,8                                 E. 5, 6, 7                               
         Teks eksposisi berikut (untuk soal nomor 24,25 dan 26) !
Program Akselerasi sangat dibutuhkan oleh pelajar yang mempunyai ritme belajar cepat. Meskipun sering dikatakan terlalu mahal, itu tidak berarti bahwa program ini tidak diperlukan.
Sebagian besar  orang mengatakan bahwa sayang sekali apabila program akselerasi ditutup karena program ini sudah banyak membuat siswa berhasil menyelesaikan studi dengan cepat sampai jenjang perguruan tinggi. Mereka mengatakan bahwa siswa-siswa dari program akselerasi  juga dapat menyesuaikan diri dengan siswa-siswa dari program reguler.
Mereka juga tidak setuju apabila alasan yang digunakan untuk menutup program akselerasi adalah biaya yang mahal. Dapat ditunjukkan bahwa apabila keseluruhan biaya dijumlahkan, jumlah itu hampir sama besar dengan jumlah biaya yang dikeluarkan pada program reguler. Apabila ada biaya yang dikatakan sedikit lebih mahal, itu wajar karena mereka mendapatkan pemadatan materi sekolah reguler.
Selain itu, yang lebih penting adalah bahwa program akselerasi dapat mewadahi bakat dan minat siswa yang dapat belajar dengan langkah yang lebih cepat. Itu berarti bahwa program ini dapat meningkatkan efisiensi waktu.
Dengan demikian, berdasarkan alasan di atas, program akselerasi tidak perlu ditutup. Sebaliknya, program ini tetap dipertahankan dengan memperbaiki kekurangan yang ada.
24.     Bagian ‘penegasan ulang pendapat’ dalam teks eksposisi di atas terdapat pada paragraf ke...
A.    1                              B. 2                                         C. 3                                         D. 4                                         E. 5
25.     Bagian ‘argumentasi’ pada bacaan di atas terdapat pada paragraf...
A.    1,2.3                         B. 2,3,4                                C. 3,4,5                                  D. 2,4,5                                  E. 1,3,5
26.      Pernyataan yang tidak sesuai dengan isi bacaan di atas adalah...
A.    Program Akselerasi sudah banyak membuat siswa berhasil
B.    Program Akselerasi dapat mewadahi siswa yang bisa belajar cepat
C.    Program Akselerasi sangat dibutuhkan oleh semua pelajar
D.    Program Akselerasi dibutuhkan oleh pelajar yang mempunyai ritme belajar cepat
E.    Program Akselerasi tidak perlu ditutup
27.     Yang merupakan struktur teks eksposisi adalah…
A.       Abstrak – Orientasi – Krisis – Reaksi - Coda.
B.       Pernyataan Umum – Anggota yang Dilaporkan – Anggota yang Dilaporkan
C.      Pokok Uraian- Kesimpulan Pendapat – Harapan-harapan
D.      Pernyataan Pendapat – Argumentasi – Penegasan Ulang Pendapat
E.       Pernyataan  pendapat – Gagasan – Uraian - Kesimpulan
28.     Kalimat aktif transitif terdapat dalam kalimat...
A.         Anak burung itu mencicit di dalam sangkar.
B.         Awan menghitam di angkasa luar.                                               D.  Rambut ibu telah memutih di bagian depan.
C.         Orang menyemut di lapangan bola itu.                       E.  Kami menyanyikan lagu di atas pentas.
29.     Kalimat aktif intransitif terdapat dalam kalimat...
A.         Semua pelajar menjalankan Ulangan umum semester ke satu.
B.         Negara Indonesia berdasarkan Pancasila.                                D.  Jumadil makan dengan terburu-buru.
C.         Pencuri itu dikenakan sanksi yang kuat.                     E.  Ibu menendang bapak tadi pagi.
        
         Bacalah paragraf berikut!
          Anda tentu tahu bahwa madu merupakan salah satu bahan herbal yang banyak dimanfaatkan di masyarakat baik itu untuk pengobatan maupun kecantikan. Konon, sejak zaman dahulu madu ini sudah digunakan sebagai bahan obat-obatan dan untuk menjaga kecantikan.
30.      Jenis pengembangan paragraf yang digunakan dalam teks eksposisi paragraf di atas adalah...
A. deduktif                    B. campuran                         C. deskriptif                           D. induktif              E. analogi

Perhatikan teks anekdot di bawah ini (untuk soal nomor 31,32 dan 34)!
POLITISI BLUSUKAN BANJIR
Pada malam Jumat, paling banyak ditemukan politisi melakukan blusukan, termasuk Darman (maaf bukan nama sebenarnya dan bukan sebenarnya nama). Darman mendatangi kampung yang diterjang banjir paling parah. Kebetulan di sana banyak wartawan meliput sehingga dia makin semangat menyerahkan bingkisan.
Darman juga tidak mau menyia-nyiakan sorotan kamera wartawan. Dia mencari strategi agar tetap menjadi perhatian media. Darman berusaha masuk ke tempat banjir dan menceburkan diri ke air. Sial baginya, dia terperosok ke selokan dan terseret derasnya air. Darman berusaha sekuat tenaga melawan arus, tetapi tak berdaya, dia hanyut.
Untung regu penolong sangat sigap. Meskipun terseret cukup jauh, Darman masih bisa  diselamatkan. Dia dibawa ke posko kesehatan dan dibaringkan di bangsal. Waktu itu semua bangsal penuh oleh orang pingsan. Darman kaget melihat orang yang ada di situ. Semuanya dia kenal, para politisi sedang blusukan. Lebih kaget lagi ketika dia melihat doa  tertulis di dinding: “Ya Allah, hanyutkanlah mereka yang tak ikhlas”. Darman pingsan!
31.      Pesan yang terkandung dalam teks anekdot di atas yaitu...
A.         Hendaknya jika belusukan harus disorot kamera wartawan
B.         Belusukan ke tempat banjir harus membawa bingkisan
C.         Seorang yang ingin belusukan ke rumah korban banjir hendaknya hati-hati
D.         Hendaknya jika ingin melakukan belusukan harus karena kepentingan politik.
E.         Para politisi hendaknya melakukan belusukan agar didoakan oleh banyak orang
32.      Partisipan yang tidak  terlibat  dalam teks anekdot  di atas adalah...
A.         Wartawan                          B. Regu penolong                               C. Politikus                            D. Polisi                 E. Darman
33.      Teks anekdot di atas dimaksudkan untuk…
A.         menasihati                         B. menyindir                                         C. menghina                         D. memfitnah        E. menyanjung

Cermati teks anekdot berikut ini (untuk soal nomor 34 dan 35)!
       Seorang dosen Fakultas Hukum sedang memberi kuliah Hukum Pidana. Saat tiba sesi tanya jawab, si Ali bertanya pada Dosen, ”Apa kepanjangan dari KUHP, Pak?” Lalu Dosen tidak langsung menjawab, tetapi dilemparkannya pada si Ahmad. “Saudara Ahmad, coba bantu saya untuk menjawab pertanyaan saudara Ali!” pinta beliau. Dengan tegas si Ahmad menjawab, “Kasih Uang Habis Perkara, Pak!” tegasnya. Mahasiswa lain tentu tertawa, sedang pak dosen geleng-geleng, seraya menambahkan pertanyaan kepada Ahmad, “Saudara Ahmad, dari mana Saudara tahu jawaban itu?” epala, sera
Pertanyaan tersebut dijawabnya pula dengan tegas, “Peribahasa Inggris mengatakan ‘Pengalaman adalah guru yang terbaik’ begitu, Pak!” Seisi kelas tertawa. Lalu tawa mereda dan kelas kembali tenang.
34.     Letak kelucuan teks anekdot di atas terdapat pada...
A.         Dosen sedang memberi kuliah hukum pidana.
B.         Saat sesi tanya jawab antara mahasiswa dan dosen.
C.         Saat Ahmad memplesetkan KUHP menjadi Kasih Uang Habis Perkara.
D.         Para mahasiswa tertawa mendengar jawaban Ahmad.
E.         Para mahasiswa menertawakan keluguan Ahmad menjawab pertanyaan dosen.
35.     Arti ungkapan ‘Kasih Uang Habis Perkara’ dalam teks anekdot tersebut adalah...
A.         setiap perkara dikenai biaya                                          D. setiap perkara dapat ditindaklanjuti dengan uang
B.         setiap perkara dapat diselesaikan dengan uang      E. setiap perkara tidak dapat diuangkan
C.         setiap perkara tidak dapat diselesaikan

Perhatikan teks anekdot berikut!
Perekrutan Prajurit Baru
    Markas besar militer mengeluarkan pengumuman akan merekrut prajurit baru. Seorang pemuda datang mendaftarkan diri.
Komandan   : Apakah kamu bisa menembak?
Pemuda       : Bisa!
Komandan   : Apakah kamu bisa mengemudikan pesawat?
Pemuda       : Bisa!
Komandan   : Apakah kamu bisa  main karate?
Pemuda       : Bisa!
Komandan   : Kelebihanmu begini banyak, lalu kamu mempunyai kekurangan apa?
Pemuda       : ...
36.      Agar menimbulkan efek lucu, dialog yang tepat untuk mengisi bagian rumpang adalah...
A.    Lapor, Pak Komandan! Saya tidak tahu kekurangan saya!
B.    Saya mudah merasa panik ketika dalam situasi genting.           D. Saya tidak memiliki kekurangan, Komandan!
C.    Siap, Komandan! Saya siap dikirim berperang!                            E. Lapor Komandan! Kekurangan saya ialah suka berbohong!
37.     Berikut ini yang bukan ciri-ciri hikayat adalah...
A.    anonim                   B. lisan                                   C. khayal                          D. logis                       E. istana sentris                                  

Bacalah kutipan hikayat berikut (untuk soal nomor 38 dan 39)!
           Kata yang empunya cerita, adalah seekor kera duduk menjadi raja dalam suatu hutan. Setelah beberapa lamanya memerintah, raja itu pun tualah, lalu bangun seekor kera yang muda daripada keturunannya juga, mengalahkannya. Kera itu pun larilah mengasingkan diri ke pingggir laut, dan di situ ia diam pada sebatang pohon ara yang tumbuh di tepi pantai. Pada suatu hari, sedang ia duduk memakan buah-buah ara, tiba-tiba terlepas sebiji dari tangannya, jatuh ke dalam air. Amat merdu terdengar buah jatuh itu, lalu dipetiknya beberapa buah, dijatuh-jatuhkannya dengan sengaja. Sejak waktu itu menjadi kesenangan baginya melempar-lempar buah ke dalam laut.(“Hikayat Kera dengan Kura-Kura”).
38.      Isi kutipan hikayat tersebut adalah...
A.       Seekor kera menjadi raja karena diberi tahta oleh ayahnya.
B.       Seekor kera mencari makan di tepi pantai.                                  D. Seekor kera mengasingkan diri ke pinggir laut karena kalah.
C.      Seekor kera tua yang sakit-sakitan lalu mengasingkan diri.     E. Seekor kera yang pergi menyepi ke pinggir laut.
39.      Nilai moral yang dapat dipetik dari kutipan hikayat di atas adalah...
A.    Sikap tidak mampu menerima kekalahan sehingga mengucilkan diri.
B.    Perasaan dendam kera tua terhadap kera muda                         D. Tindakan menyiksa diri karena kecewa.                  
C.    Prilaku merebut kekuasaan dengan tidak wajar.                          E. Saling mencela antara yang tua dengan yang muda.

Bacalah penggalan cerita berikut secara saksama!
(1)   Sejurus lamanya timbul pikiran dan berkata ia dalam hati ”Baiklah kemalangan ini kuserahkan saja pada-Nya.” (2) Budi menyapu air mata adiknya sambil berkata, ”Diamlah Gus, jangan menangis. Ini aku bawakan nasi sebungkus.” (3) Agus menerima bungkusan lalu makanlah ia dalam gelap gulita itu. (4) Budi pun termenung dalam kegelapan malam. (5) Sunyi, hanya desahan nafas beradu dengan angin malam.
40.     Bukti nilai agama terdapat pada kalimat bernomor...
 A. 1                                B. 2                                         C. 3                                         D. 4                                         E. 5
Bacalah cuplikan hikayat berikut! (untuk soal nomor 41,42 dan 43)
           Selang beberapa lamanya, Indra Jaya pun teringat akan ayah dan bundanya dan bermohon akan kembali ke negerinya. Di tengah jalan mereka dihadang oleh anak-anak raja. Indra Jaya menyuruh seorang pengusung memberi nasihat kepada anak-anak raja itu. Nasihat itu tidak ditterima oleh anak-anak raja itu. Maka terjadi peperangan. Bila seorang pengusung tewas, Indra Jaya memindahkan nyawanya ke dalam pengusung yang lain sehingga menimbulkan korban yang besar di pihak anak-anak raja itu. Maka mereka pun takutlah dan meminta Indra Jaya memaafkan silap dan durhaka mereka itu.
41.     Isi kutipan hikayat tersebut adalah...
A.    pengabdian Indra Jaya ke negrinya                                                                D. kalahnya anak-anak raja yang baik
B.    gangguan perjalanan Indra Jaya                                                     E. peperangan yang tidak makan korban     
C.    kehebatan para pengusung Indra Jaya
42.     Nilai budaya yang terdapat dalam kutipan hikayat di atas adalah...
A.    Seseorang yang dalam perjalanan yang membawa pengusung.
B.    Meminta maaf dan takut dalam peperangan.                                                D. Menyerang orang yang menghalangi perjalanan
C.    Memaafkan anak-anak raja yang nakal                                          E. Seorang anak pulang untuk menjenguk ayah dan bundanya
43.    Kemustahilan dari peristiwa dalam kutipan hikayat tersebut adalah...
A.    Indra Jaya ingat kepada ayah dan bundanya dan bermohon akan kembali ke negerinya
B.    Anak-anak raja tidak mau menerima nasihat Indra Jaya bahkan marah danmenyerangnya
C.    Indar Jaya memindahkan nyawa pengasung yang tewas ke dalam pengasung yang  lain.
D.    Anak-anak raja itu mengalami kekalahan melawan Indra Jaya padahal jumlah mereka sangat besar.
E.    Anak-anak raja meminta maaf dengan ketakutan atas kesalahannya melawan  Indra Jaya        

Bacalah kutipan cerpen berikut!
1). Ibumu tadi menyuruh aku berpidato, tetapi sebenarnya aku tidak pandai berpidato. 2). Aku hanya seorang tukang kayu 3). Tetapi biarpun begitu, aku akan berpidato juga karena gembira, sebab malam ini kita menyambut kedatangan kakak kalian yang sulung. 4). Dia sebentar lagi akan jadi kepala jawatan kereta api di kota ini. 5). Ia seorang insinyur. Sebulan yang lalu, Aang membawa sebuah Koran yang berisi berita, bahwa Aang telah mendapat gelar insinyur.
44.    Watak  ‘aku’ yang tersirat dalam penggalan cerita di atas adalah...
A.    angkuh                   B. pemalas                            C. bijaksana                         D. pemberani                       E. egois
45.    Kalimat yang di dalamnya berisi  latar waktu adalah kalimat nomor...
A. 3 dan 4                      B. 3 dan 5                              C.  2 dan 3                            D. 1 dan 3                             E. 1 dan 2

Bacalah penggalan hikayat berikut ini! (untuk soal 46 dan 47)
         Alkisah, ini hikayat orang dahulu kala. Diceritakan orang yang empunya cerita ini kisah pelanduk jenaka pri bijaksana pandai ia berbuat dusta segala binatang di dalam hutan rimba belantara. Demikianlah bunyinya, sekali peristiwa ada seekor pelanduk, maka ia duduk kepada suatu rimba hampir dengan Gunung Indrakila namanya disebut orang dan padang itupun … luasnya. Maka, banyaklah pada tempat itu segala binatang marga satwa sekaliannya berhimpun di sana.
46.    Penggalan hikayat di atas menggunakan sudut pandang...
A.    orang pertama                                                      C. orang kedua                   
B.    orang pertama pelaku utama                            D. orang ketiga                    E. orang pertama pelaku sampingan
47.     Latar tempat dari penggalan hikayat tersebut adalah...
A.    Gunung Indrakila                 B. Hutan rimba                     C. Padang rumput               D. Kebun Binatang              E. Marga Satwa

Penggalan Hikayat Bayan Budiman (untuk soal nomor 48 dan 49)
             Sebermula ada sudagar di negeri Ajam Khojah Mubarak namanya, terlalu amat kaya, akan tetapi tiada ia beranak. Maka Khojah Mubarak pun minta doa, katanya, “ Ya Tuhanku! Jikalau kiranya aku beroleh anak, aku memberi sedekah makan segala fakir miskin dan darwis. “Hatta beberapa lamanya ia bernazar itu, maka dengan takdir Allah hendak melimpahkan rahmat di atas hambanya, maka saudagar Khojah Mubarak pun beranaklah istrinya, seorang laki-laki gagah, berkulit putih serupa cahaya purnama. Maka Khojah Mubarak pun terlalu suka cita hatinya. Maka dinamakannya anaknya itu Khojah Maimun dan dipeliharakannya dengan sepertinya.
48.     Contoh kata ‘arkais’ yang terdapat dalam penggalan hikayat di atas adalah...
A.    saudagar               B. bernazar                           C.  bermula                           D. hatta                  E. takdir
49.     Kalimat yang bergaris bawah pada penggalan hikayat di atas, merupakan majas...
A.    perbandingan       B. ironi                   C. pertentangan                   D. personifikasi                    E. sindiran

Bacalah cuplikan artikel berikut ini!
Penderita kelainan katup jantung saat ini bisa semakin lega. Bila selama ini mereka hanya mempunyai beberapa pilihan untuk memperbaiki katup jantungnya, seperti dengan katup jantung mekanis dan katup jantung biologis dari hewan mamalia, kini ada tawaran baru, yaitu katup jantung dari jaringan tubuh pasien itu sendiri.
Alternatif yang baru diperkenalkan di Indonesia itu adalah bedah katup jantung dengan katup jantung biologis, yang diambil dari jaringan tubuh penderita sendiri atau perikardium otograf. Katup ini berfungsi seperti katup aslinya. Penanganan dengan cara ini terbukti dapat menekan tingkat kematian yang tergolong tinggi. Penggunaan katup biologis otograf tingkat mortalitasnya di bawah satu persen.
Pakar bidang jantung dari AS, Carlos Mg Duran yang juga penemu cincin rekonstruksi katup jantung memperkenalkan hal tersebut dalam jumpa pers pada forum diskusi ilmiah ”Indonesia pada Kelainan Katup Jantung” di RS Jantung Harapan Kita, Jakarta.
(Kompas, 16 September 2000)
50.     Cuplikan artikel di atas jika diringkas menjadi…
A.    Penderita kelainan katup jantung lega dengan ditemukannya katup jantung dengan katup biologis yang diambil dari jaringan tubuh penderita sendiri.
B.    Carlos Mg Duran di Jakarta mengenalkan bedah jantung terbaru dengan menggunakan teknik perikardium otograf yang memiliki tingkat keberhasilan tinggi.
C.    Penderita penyakit jantung lega dengan ditemukannya bedah katup jantung biologis yang diambil dari jaringan tubuh penderita sendiri yang terbukti dapat menekan kematian. Penemunya Carlos Mg Duran dari AS.
D.    Pakar bedah jantung dari AS memperkenalkan bedah jantung dengan dengan teknik katup biologis yang diambil dari jaringan tubuh penderita sendiri di RS Jantung Harapan Kita, Jakarta.
E.    Harapan hidup penderita penyakit jantung di Indonesia semakin tinggi dengan ditemukannya bedah jantung yang menggunakan teknik perikardium otograf.


Post a Comment for "Soal Ulangan Semester Bahasa Indonesia Wajib Kelas X - K13"