Soal Ulangan Semester Bahasa Indonesia Wajib Kelas X - K13
Bacalah teks di bawah ini, dengan saksama!(untuk
soal nomor 1 - 6)
MAKHLUK DI BUMI INI
Benda di dunia dapat
dikelompokkan atas persamaan dan perbedaannya. Dengan pengelompokan,
benda-benda itu lebih mudah dipelajari.
Semua benda di dunia ini dapat diklasifikasi
menjadi dua kelompok, yaitu benda hidup dan bendamati.Yang pertama sering disebut
makhluk hidup dan yang kedua disebut makhluk mati. Benda hidup mempunyai
ciri-ciri umum, seperti bergerak, bernafas, tumbuh, dan mempunyai keturunan.
Benda hidup juga membutuhkan makanan. Benda mati dibedakan dari benda hidup
karena benda mati tidak mempunyai ciri-ciri umum tersebut. Kera,
tumbuh-tumbuhan, ikan, dan bunga adalah contoh benda hidup. Sementara itu,
kaca, air, plastik, baja, dan oksigen adalah contoh benda mati.
Benda hidup dapat dikelompokkan
lagi menjadi binatang dan tumbuh-tumbuhan. Pengelompokan itu dilakukan karena keduanya
berbeda dalam beberapa hal. Tumbuh-tumbuhan tidak dapat bergerak dari satu
tempat ke tempat lain. Tumbuh-tumbuhan tidak mempunyai otak, jantung,
paru-paru,dandarah, tetapi hidup. Selainitu, tumbuh-tumbuhan dapat melakukan
sesuatu yang sangat penting yang tidak dapat dilakukan oleh binatang.
Tumbuh-tumbuhan dapat menghasilkan makanan sendiri, sedangkan binatang tidak.
Rumput, gandum, dan tanaman keras adalah jenis tumbuh-tumbuhan. Namun, tidak
semua tumbuh-tumbuhan mempunyai bunga. Oleh karena itu, tumbuh-tumbuhan dapat dikelompokkan menjadi tumbuh-tumbuhan
berbunga dan tumbuh-tumbuhan tidak berbunga. Mawar, jagung, dan tanaman buah mempunyai bunga,
tetapi jamur, lumut, dan pakis tidak.
Selanjutnya, binatang dapat dibagi
menjadi vertebrata dan invertebrata. Vertebrata bertulang belakang meliputi
manusia, burung, anjing, katak, dan lain-lain, sedangkan invertebrata tidak
bertulang belakang meliputi ubur-ubur, kupu-kupu, dan laba-laba. Terdapat lima
kelompok vertebrata, yaitu mamalia, burung, amfibia, reptilia, dan ikan. (Bahasa Indonesia:Ekspresi Diri dan Akademik
-2014- hal.5)
1.
Teks di atas merupakan
laporan hasil observasi karena struktur dalam teks tersebut tersusun dengan
memaparkan...
A.
Anggota atau aspek
yang dilaporkan, lalu diikuti oleh pengklasifikasian benda.
B.
Pengelompokkan benda
menurut penulis lalu dituangkan dalam klasifikasi yang mendukung.
C.
Benda-benda yang
diklasifikasikan umum lalu diikuti oleh benda-benda yang tidak umum.
D.
Pernyataan umum atau
klasifikasi kemudian diikuti oleh anggota atau aspek yang dilaporkan.
E.
Pengklasifikasian
secara ilmiah dan logis kemudian dilaporkan sesuai aspek penelitiannya.
2.
Berdasarkan
strukturnya, paragraf pertama teks observasi di atas adalah bagian...
A.
definisi umum C.
deskripsi bagian
B.
pernyataan umum D. deskripsi
manfaat E.
deskripsi umum
3.
Yang menjadi objek
dalam penelitian tersebut adalah...
A.
benda-benda di dunia C. beragamnya jenis hewan
B.
makhluk hidup di
dunia D. bentuk tumbuhan
di dunia E. persebaran
flora dan fauna
4.
Kalimat berikut yang
tidak menggunakan kata bersinonim dengan frasa ”dibagi menjadi” adalah...
A.
Benda di dunia ini
dapat diklasifikasikan menjadi dua kelompok, yaitu benda hidup dan benda mati.
B.
Benda hidup dapat
dikelompokkan lagi menjadi binatang dan tumbuh-tumbuhan
C.
Hewan yang bertulang
punggung dapat disebut vertebrata.
D.
Kelompok hewan telah
dipilah menjadi dua yaitu vertebrata dan avertebrata
E.
Benda hidup dapat
digolongkan menjadi kelompok hewan dan kelompok tumbuh-tumbuhan.
5.
Pada paragraf ketiga
kalimat ketiga, terdapat kata ‘bergerak’. Berikut ini merupakan antonim kata
tersebut adalah...
A.
pasif B.
statis C.
Elastis D. dinamis
E. fluktuatif
6.
Di bawah ini
merupakan kalimat kompleks yang terdapat dalam teks di atas...
A.
Benda hidup juga membutuhkan
makanan.
B.
Kaca, air, plastik,
baja, dan oksigen adalah contoh benda mati.
C.
Dengan pengelompokan,
benda-benda itu lebih mudah dipelajari.
D.
Tumbuh-tumbuhan tidak
dapat bergerak dari satu tempat ke tempatlain.
E.
Yang pertama sering
disebut makhluk hidup dan yang kedua disebut makhluk mati.
Perhatikan teks
berikut!
Kebersihan kelas banyak sekali
manfaatnya, baik bagi guru maupun bagi siswa yang mengikuti pembelajaran di
kelas tersebut. Dengan kelas yang bersih tampak guru dan siswa merasa betah
melakukan pembelajaran. Tidak ada lagi gangguan KBM akibat kelas yang kotor. Di
kelas yang bersih itu guru dan murid akan terhindar serangan virus atau kuman
penyakit yang senang di tempat-tempat yang kotor. Dengan demikian mereka akan
mendapat rahmat dari Tuhan karena menjaga kebersihan itu termasuk sebagian dari
iman.
7.
Teks laporan hasil
observasi di atas isinya tentang ...
A. klasififikasi tentang akibat kelas yang bersih
B. meyakinkan pembaca agar hidup bersih dibudayakan D. menjelaskan
beberapa manfaat kebersihan kelas
C. memberi argumentasi tentang pentingnya hidup bersih E.
melukiskan betapa indahnya kelas yang bersih.
Bacalah secara saksama!
Kentang sangat baik dikonsumsi oleh orang yang sedang melaksanakan program
diet. Namun, jenis kentang sangatlah bervariasi di pasaran. Oleh karena itu,
kita harus pintar memilih mana kentang yang bermutu dan kentang yang kurang
baik. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah warna kulit kentang. ....
jangan memilih kentang yang berwarna kuning kehijauan. Kemudian usahakan
membeli kentang yang tidak banyak lubang pada permukaan kulitnya. Karena
kentang yang tidak banyak lubangnya atau licin lebih bagus daripada kentang
yang banyak lubangnya.
8.
Kalimat yang sesuai
untuk melengkapi bagian rumpang dalam paragraf tersebut adalah...
A. Pilihlah kentang yang berukuran besar.
B. Belilah kentang di swalayan, jangan di pasar tradisional. D. Warna kentang sangat menarik dan bervariasi
C. Pilihlah kentang yang warnanya kuning kecoklatan. E.
Kerupuk kentang sangat digemari anak-anak.
Perhatikan dua kalimat berikut!
(1)
Kebersihan kelas
terbukti banyak sekali manfaatnya, baik bagi guru maupun siswa dalam
pembelajaran.
(2)
Kebersihan kelas
harus kita budayakan penerapannya.
9.
Konjungsi yang paling
tepat untuk menggabung dua kalimat di atas adalah...
A. karena itu B. sekali lagi C. lagi pula D. karena E. sedangkan
A. karena itu B. sekali lagi C. lagi pula D. karena E. sedangkan
10. Salah satu ciri kebahasaan teks laporan observasi adalah menggunakan
kalimat simpleks.
Di bawah ini yang
termasuk kalimat simpleks adalah...
A. Anak-anak berlari saat melihat balon udara terbang.
B. Jumadil menggambar beruang yang sedang minum di telaga.
C. Marhamah tersenyum ketika Marconah terpeleset.
D. Guru matematika itu sedang mengajarkan tari kuda lumping.
E. SBY mengajukan protes, sementara Australia tidak bergeming.
11.
Kalimat kompleks
adalah kalimat yang terdiri dari dua struktur atau lebih dengan dua verba atau
lebih.
Yang termasuk kalimat kompleks di bawah adalah...
A. Gusi dapat membengkak karena bakteri bersarang di gusi
B. Keadaan ekonomi di berbagai daerah di Indonesia mengalami penurunan
C. Mulut merupakan jendela bagi kesehatan kita secara keseluruhan
D. Mereka mengeluarkan uang hingga ratusan juta rupiah
E. Peranan karet sangat penting dalam perekonomian Indonesia
Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1. Mendaftar topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi
laporan.
2. Melakukan pemgamatan atu observasi lapangan dengan
kreteria objek menarik yang dikuasai
3. Mengembangkan yang telah disusun menjadi suatu teks
secara padu
4. Menyusun kerangka laporan dengan menomori topik-topik
sesuai dengan urutan yang dikehendaki
12. Urutan langkah-langkah menyusun teks laporan hasil observasi
yang tepat adalah...
A.
1 – 2 – 3 – 4 C. 3 –
4 – 2 – 1 E.
4 – 3 – 2 – 1
B.
2 – 3 – 4 – 1 D.
2 – 1 – 4 – 3
13.
Kalimat-kalimat
berikut yang merupakan kalimat definisi adalah...
A.
Harimau dapat
mencapai tinggi 1,5 meter, panjang 3,3 meter, dan berat 300 kilogram.
B. Bulunya berwarna putih dan cokelat keemas-emasan
dengan belang atau loreng berwarna hitam.
C. Kuda mempunyai ekor sepanjang satu meter
D. Harimau (Panthera tigris) digolongkan ke dalam
mamalia, yaitu binatang yang menyusui pemakan daging.
E. Kucingku berwarna hitam, matanya bulat, dan bersinar.
Perhattikan paragraf berikut!
Harimau dapat mencapai tinggi 1,5 meter, panjang
3,3 meter, dan berat 300 kiligram. Bulunya berwarna putih dan coklat keemasan
dengan belang atau loreng berwarna hitam. Gigi tarinya kuat dan tajam untuk
mengoyak daging. Kakinya berjumlah empat dengan cakar yang kuat untuk menerkam
mangsanya.
14.
Teks laporan di atas
berbentuk...
A.definisi B. deskripsi C. eksposisi D. klasifikasi E. argumentasi
Perhatikan kalimat-kalimat
berikut!
Adikku pandai, ramah, dan penyabar. (1)
Harimau itu gemuk, sehat, dan penurut.(2)
Adikku pandai, ramah, dan penyabar. (1)
Harimau itu gemuk, sehat, dan penurut.(2)
Harimau hewan
pemangsa yang menjadikan sesama hewan sebagai santapan makannya.(3)
Pensil adalah alat tulis yang hasil tulisannya dapat dihapus dengan mudah.(4)
Pensil adalah alat tulis yang hasil tulisannya dapat dihapus dengan mudah.(4)
15.
Yang termasuk kalimat deskripsi adalah...
A. (1) dan (2) B.
(1) dan (3) C. (1)
dan (4) D. (2) dan
(3) E. (2) dan (4)
Perhatiakn kata-kata berikut!
1) Sakit, sedih, alamiah 2) Sekarang, bacalah, tagihan 3) berbelanja,
dibayar, mengisi 4) pembayaran, penulis, pembaca 5) menggunakan, membacakan,
dengarkan
16.
Kelompok kata di atas
yang termasuk verba adalah...
A. 1 dan 2 B. 2 dan 3 C. 3 dan 4 D. 2 dan 5 E. 3 dan 5
Perhatikan kata-kata
dibawah ini!
1) pembanding,
pemandu 2) laporan, pengumuman 3) kreatif, kritis 4) perhatikan, sebarkan 5) berbeda,
menjelajah
17.
Kelompok kata di atas
yang termasuk ‘nomina’ adalah...
A. 1 dan 2 B. 2 dan 3 C. 3 dan 4 D. 4 dan 5 E. 1 dan 5
Bacalah
penggalan teks eksposisi di bawah ini (untuk soal nomor 18 dan 19)!
(1) Media itu mengangkat hasil riset dari McKinsey dan Standard Chartered
yang mengatakan bahwa ekonomi Indonesia akan melampaui Jerman dan Inggris pada
tahun 2030. (2) Indonesia diperkirakan memiliki sekitar 90
juta orang yang berada di kelompok consuming class. (3). Apabila potensi itu tidak diwujudkan dalam
aksi dan momentum yang baik dilewatkan begitu saja karena kita begitu asyik
dengan urusan lain, prediksi para investor tersebut tidak akan menjadi
kenyataan.
18.
Struktur teks eksposisi di atas
terdiri atas...
A.
tesis dan penegasan C.
tesis^argument^penegasan
B.
tesis^penegasan^argument D. argument^penegasan^tesis E. tesis dan argumen
19. Kalimat
yang menyatakan argumentasi berdasarkan bacaan di atas terdapat pada nomor…
A.1 dan 2 B.
1 C. 2 D. 3 E. 2 dan 3
20.
Berikut ini adalah yang bukan karakteristik bahasa teks eksposisi...
A.
Menggunakan kata-kata denotatif D.
Banyak menggunakan kata-kata kajian
B.
kalimatnya efektif E.
Banyak menggunakan gaya bahasa.
C.
Mengacu pada EYD
Perhatikan teks eksposisi di bawah ini (untuk
soal nomor 21, 22 dan 23)!
(1) Bangsa-bangsa
Asia Tenggara segera berintegrasi. (2) Organisasi Association of Southeast
Asian Nations (Asean) telah merancang bentuk komunitas sosial
budaya.(3) Komunitas Asean mulai berlaku
pada tahun 2015. (4) Warga komunitas, termasuk kita semua sebagai rakyat
Indonesia akan dituntut plurilingual untuk memiliki kompetensi berbahasa negara
lain.(5) Komunitas sosial budaya Asean dibentuk dengan semangat persatuan dalam
keanekaragaman.(6) Pada kenyataannya, semangat Komunitas Asean sama dengan
masyarakat Uni Eropa (Europeans United in Diversity). (8) Di Uni Eropa
untuk memasuki pintu gerbang budaya setiap negara, semua orang tentu telah
mengenal kebijakan Europass Language Passport yang dikeluarkan oleh the
Council of Europe dengan dokumen teknis Common European Framework of
Reference (CEFR) for Languages.(8) Kebijakan bahasa itu mendorong warga
masyarakat Uni Eropa menjadi plurilingual sehingga semua bahasa Eropa dapat
duduk pada posisi yang sama, misalnya di parlemen Uni Eropa.
21. Berdasarkan
teks bacaan di atas, pronomina dapat ditemukan pada kalimat nomor…
A.
1 B. 2 C. 3 D.
4 E. 5
22.
Berdasrkan teks di atas kalimat yang
menyatakan fakta terdapat pada nomor…
A. 1, 2,
3 B. 2, 3, 4 C.
3, 4, 5 D. 4, 7, 8 E. 2, 6, 8
23.
Kalimat yang menyatakan opini dalam teks di atas terdapat pada kalimat nomor…
A. 1, 2, 3 B. 1, 3, 4 C. 2, 3, 4 D. 6, 7,8 E. 5, 6, 7
Teks
eksposisi berikut (untuk soal nomor 24,25 dan 26) !
Program Akselerasi sangat dibutuhkan oleh
pelajar yang mempunyai ritme belajar cepat. Meskipun sering dikatakan terlalu
mahal, itu tidak berarti bahwa program ini tidak diperlukan.
Sebagian besar orang mengatakan bahwa sayang sekali apabila
program akselerasi ditutup karena program ini sudah banyak membuat siswa
berhasil menyelesaikan studi dengan cepat sampai jenjang perguruan tinggi.
Mereka mengatakan bahwa siswa-siswa dari program akselerasi juga dapat menyesuaikan diri dengan
siswa-siswa dari program reguler.
Mereka juga tidak setuju apabila alasan yang
digunakan untuk menutup program akselerasi adalah biaya yang mahal. Dapat
ditunjukkan bahwa apabila keseluruhan biaya dijumlahkan, jumlah itu hampir sama
besar dengan jumlah biaya yang dikeluarkan pada program reguler. Apabila ada
biaya yang dikatakan sedikit lebih mahal, itu wajar karena mereka mendapatkan
pemadatan materi sekolah reguler.
Selain itu, yang lebih penting adalah bahwa
program akselerasi dapat mewadahi bakat dan minat siswa yang dapat belajar
dengan langkah yang lebih cepat. Itu berarti bahwa program ini dapat
meningkatkan efisiensi waktu.
Dengan demikian, berdasarkan alasan di atas,
program akselerasi tidak perlu ditutup. Sebaliknya, program ini tetap
dipertahankan dengan memperbaiki kekurangan yang ada.
24.
Bagian ‘penegasan
ulang pendapat’ dalam teks eksposisi di atas terdapat pada paragraf ke...
A. 1 B. 2 C. 3 D. 4 E. 5
25. Bagian ‘argumentasi’ pada bacaan di atas
terdapat pada paragraf...
A. 1,2.3 B. 2,3,4 C. 3,4,5 D. 2,4,5 E. 1,3,5
26. Pernyataan
yang tidak sesuai dengan isi bacaan di atas adalah...
A. Program
Akselerasi sudah banyak membuat siswa berhasil
B. Program
Akselerasi dapat mewadahi siswa yang bisa belajar cepat
C. Program
Akselerasi sangat dibutuhkan oleh semua pelajar
D. Program
Akselerasi dibutuhkan oleh pelajar yang mempunyai ritme belajar cepat
E. Program
Akselerasi tidak perlu ditutup
27. Yang merupakan
struktur teks eksposisi adalah…
A.
Abstrak – Orientasi –
Krisis – Reaksi - Coda.
B.
Pernyataan Umum –
Anggota yang Dilaporkan – Anggota yang Dilaporkan
C.
Pokok Uraian-
Kesimpulan Pendapat – Harapan-harapan
D.
Pernyataan Pendapat –
Argumentasi – Penegasan Ulang Pendapat
E.
Pernyataan pendapat – Gagasan – Uraian - Kesimpulan
28. Kalimat aktif transitif terdapat
dalam kalimat...
A.
Anak burung itu
mencicit di dalam sangkar.
B.
Awan menghitam di
angkasa luar. D. Rambut ibu telah memutih di bagian depan.
C.
Orang menyemut di
lapangan bola itu. E. Kami menyanyikan lagu di atas pentas.
29. Kalimat aktif
intransitif terdapat dalam kalimat...
A.
Semua pelajar
menjalankan Ulangan umum semester ke satu.
B.
Negara Indonesia
berdasarkan Pancasila. D. Jumadil makan dengan terburu-buru.
C.
Pencuri itu dikenakan
sanksi yang kuat. E. Ibu menendang bapak tadi pagi.
Bacalah paragraf berikut!
Anda
tentu tahu bahwa madu merupakan salah satu bahan herbal yang banyak
dimanfaatkan di masyarakat baik itu untuk pengobatan maupun kecantikan. Konon,
sejak zaman dahulu madu ini sudah digunakan sebagai bahan obat-obatan dan untuk
menjaga kecantikan.
30. Jenis pengembangan paragraf yang digunakan dalam teks
eksposisi paragraf di atas adalah...
A. deduktif B. campuran C. deskriptif D. induktif E. analogi
Perhatikan teks anekdot di bawah ini (untuk
soal nomor 31,32 dan 34)!
POLITISI BLUSUKAN BANJIR
Pada malam Jumat, paling banyak ditemukan politisi
melakukan blusukan, termasuk Darman (maaf bukan nama sebenarnya dan bukan
sebenarnya nama). Darman mendatangi kampung yang diterjang banjir paling parah.
Kebetulan di sana banyak wartawan meliput sehingga dia makin semangat
menyerahkan bingkisan.
Darman juga tidak mau menyia-nyiakan sorotan
kamera wartawan. Dia mencari strategi agar tetap menjadi perhatian media.
Darman berusaha masuk ke tempat banjir dan menceburkan diri ke air. Sial
baginya, dia terperosok ke selokan dan terseret derasnya air. Darman berusaha
sekuat tenaga melawan arus, tetapi tak berdaya, dia hanyut.
Untung regu penolong sangat sigap. Meskipun
terseret cukup jauh, Darman masih bisa
diselamatkan. Dia dibawa ke posko kesehatan dan dibaringkan di bangsal.
Waktu itu semua bangsal penuh oleh orang pingsan. Darman kaget melihat orang
yang ada di situ. Semuanya dia kenal, para politisi sedang blusukan. Lebih
kaget lagi ketika dia melihat doa
tertulis di dinding: “Ya Allah, hanyutkanlah mereka yang tak ikhlas”.
Darman pingsan!
31. Pesan
yang terkandung dalam teks anekdot di atas yaitu...
A.
Hendaknya jika belusukan harus disorot kamera
wartawan
B.
Belusukan ke tempat banjir harus membawa
bingkisan
C.
Seorang yang ingin belusukan ke rumah korban
banjir hendaknya hati-hati
D.
Hendaknya jika ingin melakukan belusukan
harus karena kepentingan politik.
E.
Para politisi hendaknya melakukan belusukan
agar didoakan oleh banyak orang
32. Partisipan
yang tidak terlibat dalam teks anekdot di atas adalah...
A.
Wartawan B. Regu penolong C. Politikus D. Polisi E. Darman
33. Teks
anekdot di atas dimaksudkan untuk…
A.
menasihati B. menyindir C. menghina D. memfitnah E. menyanjung
Cermati teks anekdot berikut ini (untuk soal
nomor 34 dan 35)!
Seorang dosen Fakultas Hukum sedang memberi kuliah Hukum Pidana. Saat
tiba sesi tanya jawab, si Ali bertanya pada Dosen, ”Apa kepanjangan dari KUHP,
Pak?” Lalu Dosen tidak langsung menjawab, tetapi dilemparkannya pada si Ahmad.
“Saudara Ahmad, coba bantu saya untuk menjawab pertanyaan saudara Ali!” pinta
beliau. Dengan tegas si Ahmad menjawab, “Kasih Uang Habis Perkara, Pak!”
tegasnya. Mahasiswa lain tentu tertawa, sedang pak dosen geleng-geleng, seraya menambahkan pertanyaan kepada Ahmad,
“Saudara Ahmad, dari mana Saudara tahu jawaban itu?” epala, sera
Pertanyaan tersebut dijawabnya pula
dengan tegas, “Peribahasa Inggris mengatakan ‘Pengalaman adalah guru yang
terbaik’ begitu, Pak!” Seisi kelas tertawa. Lalu tawa mereda dan kelas kembali
tenang.
34.
Letak
kelucuan teks anekdot di atas terdapat pada...
A.
Dosen sedang memberi kuliah hukum pidana.
B.
Saat sesi tanya jawab antara mahasiswa dan
dosen.
C.
Saat Ahmad memplesetkan KUHP menjadi Kasih
Uang Habis Perkara.
D.
Para mahasiswa tertawa mendengar jawaban
Ahmad.
E.
Para mahasiswa menertawakan keluguan Ahmad
menjawab pertanyaan dosen.
35.
Arti
ungkapan ‘Kasih Uang Habis Perkara’ dalam teks anekdot tersebut adalah...
A.
setiap perkara dikenai biaya D.
setiap perkara dapat ditindaklanjuti dengan uang
B.
setiap perkara dapat diselesaikan dengan uang E. setiap perkara tidak dapat diuangkan
C.
setiap perkara tidak dapat diselesaikan
Perhatikan teks anekdot berikut!
Perekrutan Prajurit Baru
Markas besar militer mengeluarkan
pengumuman akan merekrut prajurit baru. Seorang pemuda datang mendaftarkan
diri.
Komandan :
Apakah kamu bisa menembak?
Pemuda :
Bisa!
Komandan :
Apakah kamu bisa mengemudikan pesawat?
Pemuda :
Bisa!
Komandan :
Apakah kamu bisa main karate?
Pemuda :
Bisa!
Komandan :
Kelebihanmu begini banyak, lalu kamu mempunyai kekurangan apa?
Pemuda :
...
36. Agar
menimbulkan efek lucu, dialog yang tepat untuk mengisi bagian rumpang adalah...
A.
Lapor, Pak Komandan! Saya tidak tahu kekurangan
saya!
B.
Saya mudah merasa panik ketika dalam situasi
genting. D. Saya tidak memiliki
kekurangan, Komandan!
C.
Siap, Komandan! Saya siap dikirim berperang! E. Lapor Komandan!
Kekurangan saya ialah suka berbohong!
37. Berikut ini
yang bukan ciri-ciri hikayat adalah...
A.
anonim B. lisan C.
khayal D.
logis E. istana
sentris
Bacalah
kutipan hikayat berikut (untuk soal nomor 38 dan 39)!
Kata yang empunya cerita, adalah
seekor kera duduk menjadi raja dalam suatu hutan. Setelah beberapa lamanya
memerintah, raja itu pun tualah, lalu bangun seekor kera yang muda daripada
keturunannya juga, mengalahkannya. Kera itu pun larilah mengasingkan diri ke
pingggir laut, dan di situ ia diam pada sebatang pohon ara yang tumbuh di tepi
pantai. Pada suatu hari, sedang ia duduk memakan buah-buah ara, tiba-tiba
terlepas sebiji dari tangannya, jatuh ke dalam air. Amat merdu terdengar buah
jatuh itu, lalu dipetiknya beberapa buah, dijatuh-jatuhkannya dengan sengaja.
Sejak waktu itu menjadi kesenangan baginya melempar-lempar buah ke dalam
laut.(“Hikayat Kera dengan Kura-Kura”).
38.
Isi kutipan hikayat tersebut adalah...
A. Seekor
kera menjadi raja karena diberi tahta oleh ayahnya.
B. Seekor
kera mencari makan di tepi pantai. D. Seekor kera mengasingkan diri
ke pinggir laut karena kalah.
C. Seekor
kera tua yang sakit-sakitan lalu mengasingkan diri. E. Seekor kera yang pergi menyepi ke pinggir laut.
39.
Nilai moral yang dapat dipetik dari kutipan
hikayat di atas adalah...
A.
Sikap tidak mampu menerima kekalahan sehingga
mengucilkan diri.
B.
Perasaan dendam kera tua terhadap kera muda D. Tindakan menyiksa
diri karena kecewa.
C.
Prilaku merebut kekuasaan dengan tidak wajar. E.
Saling mencela antara yang tua dengan yang muda.
Bacalah penggalan
cerita berikut secara saksama!
(1) Sejurus
lamanya timbul pikiran dan berkata ia dalam hati ”Baiklah kemalangan ini
kuserahkan saja pada-Nya.” (2) Budi menyapu air mata adiknya sambil berkata,
”Diamlah Gus, jangan menangis. Ini aku bawakan nasi sebungkus.” (3) Agus
menerima bungkusan lalu makanlah ia dalam gelap gulita itu. (4) Budi pun
termenung dalam kegelapan malam. (5) Sunyi, hanya desahan nafas beradu dengan
angin malam.
40.
Bukti
nilai agama terdapat pada kalimat bernomor...
A. 1 B. 2 C. 3 D. 4 E. 5
Bacalah cuplikan hikayat berikut! (untuk soal
nomor 41,42 dan 43)
Selang beberapa lamanya, Indra Jaya
pun teringat akan ayah dan bundanya dan bermohon akan kembali ke negerinya. Di
tengah jalan mereka dihadang oleh anak-anak raja. Indra Jaya menyuruh seorang
pengusung memberi nasihat kepada anak-anak raja itu. Nasihat itu tidak
ditterima oleh anak-anak raja itu. Maka terjadi peperangan. Bila seorang
pengusung tewas, Indra Jaya memindahkan nyawanya ke dalam pengusung yang lain
sehingga menimbulkan korban yang besar di pihak anak-anak raja itu. Maka mereka
pun takutlah dan meminta Indra Jaya memaafkan silap dan durhaka mereka itu.
41.
Isi
kutipan hikayat tersebut adalah...
A. pengabdian
Indra Jaya ke negrinya D.
kalahnya anak-anak raja yang baik
B. gangguan
perjalanan Indra Jaya E.
peperangan yang tidak makan korban
C. kehebatan
para pengusung Indra Jaya
42.
Nilai
budaya yang terdapat dalam kutipan hikayat di atas adalah...
A. Seseorang
yang dalam perjalanan yang membawa pengusung.
B. Meminta
maaf dan takut dalam peperangan. D.
Menyerang orang yang menghalangi perjalanan
C. Memaafkan
anak-anak raja yang nakal E.
Seorang anak pulang untuk menjenguk ayah dan bundanya
43.
Kemustahilan dari peristiwa dalam kutipan
hikayat tersebut adalah...
A. Indra
Jaya ingat kepada ayah dan bundanya dan bermohon akan kembali ke negerinya
B. Anak-anak
raja tidak mau menerima nasihat Indra Jaya bahkan marah danmenyerangnya
C. Indar
Jaya memindahkan nyawa pengasung yang tewas ke dalam pengasung yang lain.
D. Anak-anak
raja itu mengalami kekalahan melawan Indra Jaya padahal jumlah mereka sangat
besar.
E. Anak-anak
raja meminta maaf dengan ketakutan atas kesalahannya melawan Indra Jaya
Bacalah kutipan
cerpen berikut!
1).
Ibumu tadi menyuruh aku berpidato, tetapi sebenarnya aku tidak pandai
berpidato. 2). Aku hanya seorang tukang kayu 3). Tetapi biarpun begitu, aku
akan berpidato juga karena gembira, sebab malam ini kita menyambut kedatangan
kakak kalian yang sulung. 4). Dia sebentar lagi akan jadi kepala jawatan kereta
api di kota ini. 5). Ia seorang insinyur. Sebulan yang lalu, Aang membawa
sebuah Koran yang berisi berita, bahwa Aang telah mendapat gelar insinyur.
44.
Watak ‘aku’ yang tersirat dalam penggalan cerita di
atas adalah...
A. angkuh B. pemalas C. bijaksana D. pemberani E. egois
45.
Kalimat yang di dalamnya berisi latar waktu adalah kalimat nomor...
A. 3 dan 4 B.
3 dan 5 C. 2 dan 3 D. 1 dan 3 E.
1 dan 2
Bacalah penggalan
hikayat berikut ini! (untuk soal 46 dan 47)
Alkisah, ini
hikayat orang dahulu kala. Diceritakan orang yang empunya cerita ini kisah
pelanduk jenaka pri bijaksana pandai ia berbuat dusta segala binatang di dalam
hutan rimba belantara. Demikianlah bunyinya, sekali peristiwa ada seekor pelanduk,
maka ia duduk kepada suatu rimba hampir dengan Gunung Indrakila namanya disebut
orang dan padang itupun … luasnya. Maka, banyaklah pada tempat itu segala
binatang marga satwa sekaliannya berhimpun di sana.
46. Penggalan hikayat di atas menggunakan sudut pandang...
A.
orang
pertama C.
orang kedua
B.
orang pertama pelaku
utama D. orang
ketiga E. orang pertama
pelaku sampingan
47. Latar tempat
dari penggalan hikayat tersebut adalah...
A.
Gunung Indrakila B. Hutan rimba C. Padang
rumput D.
Kebun Binatang E. Marga Satwa
Penggalan Hikayat Bayan Budiman (untuk soal
nomor 48 dan 49)
Sebermula ada sudagar di negeri
Ajam Khojah Mubarak namanya, terlalu amat kaya, akan tetapi tiada ia beranak.
Maka Khojah Mubarak pun minta doa, katanya, “ Ya Tuhanku! Jikalau kiranya aku
beroleh anak, aku memberi sedekah makan segala fakir miskin dan darwis. “Hatta
beberapa lamanya ia bernazar itu, maka dengan takdir Allah hendak melimpahkan
rahmat di atas hambanya, maka saudagar Khojah Mubarak pun beranaklah istrinya, seorang
laki-laki gagah, berkulit putih serupa cahaya purnama. Maka Khojah Mubarak
pun terlalu suka cita hatinya. Maka dinamakannya anaknya itu Khojah Maimun dan
dipeliharakannya dengan sepertinya.
48. Contoh kata ‘arkais’
yang terdapat dalam penggalan hikayat di atas adalah...
A.
saudagar B. bernazar C. bermula D.
hatta E. takdir
49. Kalimat yang
bergaris bawah pada penggalan hikayat di atas, merupakan majas...
A.
perbandingan B. ironi C.
pertentangan D.
personifikasi E. sindiran
Bacalah cuplikan artikel berikut ini!
Penderita kelainan katup jantung saat ini bisa semakin
lega. Bila selama ini mereka hanya mempunyai beberapa pilihan untuk memperbaiki
katup jantungnya, seperti dengan katup jantung mekanis dan katup jantung
biologis dari hewan mamalia, kini ada tawaran baru, yaitu katup jantung dari
jaringan tubuh pasien itu sendiri.
Alternatif yang baru diperkenalkan di Indonesia itu
adalah bedah katup jantung dengan katup jantung biologis, yang diambil dari
jaringan tubuh penderita sendiri atau perikardium otograf. Katup ini berfungsi
seperti katup aslinya. Penanganan dengan cara ini terbukti dapat menekan
tingkat kematian yang tergolong tinggi. Penggunaan katup biologis otograf
tingkat mortalitasnya di bawah satu persen.
Pakar bidang jantung dari AS, Carlos Mg Duran yang juga
penemu cincin rekonstruksi katup jantung memperkenalkan hal tersebut dalam
jumpa pers pada forum diskusi ilmiah ”Indonesia pada Kelainan Katup Jantung” di
RS Jantung Harapan Kita, Jakarta.
(Kompas, 16 September 2000)
(Kompas, 16 September 2000)
50.
Cuplikan
artikel di atas jika diringkas menjadi…
A.
Penderita kelainan katup jantung lega dengan
ditemukannya katup jantung dengan katup biologis yang diambil dari jaringan
tubuh penderita sendiri.
B.
Carlos Mg Duran di Jakarta mengenalkan bedah
jantung terbaru dengan menggunakan teknik perikardium otograf yang memiliki tingkat
keberhasilan tinggi.
C.
Penderita penyakit jantung lega dengan
ditemukannya bedah katup jantung biologis yang diambil dari jaringan tubuh
penderita sendiri yang terbukti dapat menekan kematian. Penemunya Carlos Mg
Duran dari AS.
D.
Pakar bedah jantung dari AS memperkenalkan
bedah jantung dengan dengan teknik katup biologis yang diambil dari jaringan
tubuh penderita sendiri di RS Jantung Harapan Kita, Jakarta.
E.
Harapan hidup penderita penyakit jantung di
Indonesia semakin tinggi dengan ditemukannya bedah jantung yang menggunakan
teknik perikardium otograf.
Post a Comment for "Soal Ulangan Semester Bahasa Indonesia Wajib Kelas X - K13"