Soal PAS Prakarya Kelas XII K13
1. Untuk mempermudah konsumen dalam mendistribusikan barang secara lansung merupakan fungsi pasar…
a. Pembentukan nilai harta d. Penyaluran
b. Pendistribusian e. Teknik penyaluran
c. Promosi
2. Berikut ini yang bukan merupakan sarana dalam pengelolaan sumber daya adalah…
a. Bahan d. Sumber daya manusia
b. Mesin e. Pelanggan
c. Mtode
3. Menentukan standarisasi atau spesifikasi kerajinan yang dibuat merupakan salah satu aspek dari…
a. Pengelolaan persediaan produksi
b. Pengelolaan sumber daya
c. Deain proses produksi
d. Pendistribusian
e. Fungsi pasar
4. Yang bukan merupakan faktor internal perusahaan dalam mempengaruhi penetapan harga jual adalah…
a. Tujuan pemasaran d. Biaya
b. Perhitungan organisasi e. Strategi bauran
c. Persaingan
5. Kebebasan perusahaan dalam membentuk harga tergantung pada jenis pasar berbeda merupakan faktor penetapan harga jual dari…
a. Persaingan
b. Pasar dan permintaan
c. Tujuan pemasaran
d. Pertimbangan organisasi
e. Biaya
6. Pasar termasuk dalam pasar persaingan sempurna, persaingan monopolistik, ologopolistik, maupun monopoli murni merupakan faktor perusahaan…
a. Persaingan d. Faktor eksternal
b. Biaya e. Pasar dan permintaan
c. Strategi bauran
7. Berikut ini langkah yang dilakukan untuk memulai usaha.
1. Bertindaklah
2. Tentukan ide usaha
3. Slalu belajar dan lakukan pengamatan
4. Ciptakan visi dan misi usaha
5. Hadapi hambatan dan kegagalan
Urutan yang tepat adalah…
a. 1,2,3,4,5 d. 3,2,1,4,5
b. 2,5,1,3,4 e. 3,4,2,1,5
c. 2,4,1,3,5
8. Berikut yang bukan faktor penting dalam menentukan harga jual adalah...
a. Pelanggan d. Pemanfaatan untuk usaha
b. Pesaing e. Promosi
c. Biaya
9. Modal usaha biasanya berupa…
a. Harta benda d.Uang
b. Alat-alat e. Semua benar
c. Barang-barang
10. Bentuk komunikasi yang menggunakan media individu merupakan pengertian dari…
a. Iklan d. Sponsorship
b. Penjualan personal e. Publikasi
c. Promosi penjualan
11. Menginformasikan produk merupakan salah satu cara membangun komunikasi dengan cara…
a. Iklan d. Publikasi
b. Promosi e. Sponsorship
c. Penjualan personal
12. Budidaya unggas petelur bermanfaat untuk…
a. Mendukung para pengusaha muda
b. Bersaing dengan negara maju
c. Meningkatkan peluang usaha
d. Memenuhi kebutuhan protein hewani
e. Memenangkan kontes budidaya unggas
13. Unggas petelur yang dibudidayakan meliputi…
a. Ayam, itik, dan puyuh
b. Burung dara, entok, dan ayam
c. Ikan koi, ikan koki, dan ikan gurame
d. Ayam, angsa, dan puyuh
e. Puyuh, ayam, dan angsa
14. Faktor-faktor berikut yang tidak mempengaruhi kebehasilan budidaya ternak unggas petelur diantaranya…
a. Bibit unggas petelur yang baik
b. Pakan yang lengkap, baik kandungan gizi
maupun jumlahnya
c. Kandang yang kuat, bersih, dan nyaman bagi
unggas petelur
d. Tata cara pemeliharaan unggas petelur yang
sesuai prosedur
e. Pengendalian dan teknik pemasaran unggas
petelur
15. Kandang yang baik bagi unggas harus memenuhi salah satu syarat berikut…
a. Kandang harus selalu bersih dan diberi jerami
b. Kandang sebaiknya diberi temperatur lebih lebih
400C
c. Kelembaban kandang berkisar harus 50%
d. Penerangan hars maksimal disetiap sudut
kandang dan pusat kandang
e. Persiapkan kebutuhan seperti tempat makan
dan minum.
16. Kemampuan orang untuk melahirkan sesuatu yang baru baik berupa gagasan maupun karya yang relatif berbenda dengan apa yang telah ada sebelumnya disebut…
a. Inovasi d .Distribusi
b. Kreativitas e. Aplikasi
c. Solusi
17. Contoh limbah yang sulit terurai adalah…
a. Limbah peternakan d. Limbah kertas
b. Limbah pertanian e. Sisa makanan
c. Limbah plastik
18. Target pemasaran benda kerajinan yang baik memperhatikan….benda.
a. Fungsi d. Ekonomi
b. Wujud e. Bahan
c. Sifat
19. Karya dari barang bekas dan bahan alami bekas menggunakan teknik seperti apa…
a. Tempel d. Tulis
b. Ukir e. Gambar
c. Lukis
20. Proses pengelolaan produk merupakan kegiatan untuk menambah…
a. Barag dan jasa d. Barang
b. Kerja sama e. Tenaga kerja
c. Bahan baku
21. Faktor-faktor yang mempengaruhi kelancaran produksi adalah…
a. Kerja sama dan tekun
b. Tenaga kerja, dana dan mesin
c. Tekun dan pantang menyerah
d. Tenaga kerja, mesin, bahan baku dan dana
e. Bahan baku dan dana
22. Komponen-komponen yang membentuk sistem produksi terdiri atas…kecuali
a. Tujuan yang mendasari
b. Aktifitas berupa proses
c. Mekanisme yang mengendalikan
d. Perencanaan dan pengendalian
e. Mempunyai tujuan tertentu
23. Yang termauk dalam aspek produksi dalam proposal adalah…
a. Jenis usaha d. Kebutuhan
b. Kondisi pasar e. Diskripsi umum
c. Administrasi
24. Faktor-faktor yang mempengaruhi harga jual adalah…
a. Internal perusahaan
b. Terpenuhinya target
c. Strategi penjualan
d. Loyalitas
e. Terjun kelapangan
25. Berikut ini termasuk limbah padat, kecuali…
a. Sampah organic d. Sampah industri
b. Buangan industri e.Bangkai binatang
c. Air buangan industri
26. Syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi seorang wirausaha adalah ……
a. Mempunyai modal yang sangat besar
b. Mempunyai rekan kerja yang banyak dan terpercaya
c. Berani menghadapi segala resiko yang akan menimpanya
d. Mampu bersaing dengan orang lain yang bergerak di bidang yang sama
e. Bersedia bekerja keras dan bertanggung jawab atas pekerjaanya
27. Keuntungan menjadi wirausahawan diantaranya …
a. Mampu bergaul dan bersifat luwes
b. Dapat memerintah bawahan semau kita
c. Belajar dari pergaulan
d. Terbuka peluang kesempatan untuk menjadi
bos di perusahaan sendiri
e. Terbuka kesempatan untuk mengenal banyak
orang
28. Setiap tempat dapat memiliki limbah yang berbeda-beda diwilayah dimana kalian bertempat tinggal, ini merupakan salah satu alas an bahwa produk kerajinan bias menjadi peluang untuk memasuki pasar dengan limited edition beruapa…
a. Kegunaannya d. Keartistikannya
b. Keberagamannya e. keunikannya
c. Keterbatasannya
29. Agar produk kerajinan yang dihasilkan memiliki standar, maka dalam pemanfaatan limbah untuk memproduksi produk hiasan harus memiliki…
a. Kualitas dan ketentuannya
b. Jumlah yang cukup dengan jenis limbah
c. Kesesuaian warnanya
d. Lebih banyak dari yag diperkirakan
e. Jumlah seadanya saja
30. Selain berfungsi untuk melindungi produk dari benturan atau cuaca juga memberikan kemudahan dalam membawa, adalah….
a. Fungsi guna
b. Fungsi tempat
c. Fungsi pengangkutan
d. Fungsi perlindungan
e. Fungsi kemasan
31. Meskipun bahan baku produk kerajinan dapat diperoleh gratis dari rumah tangga atau pabrik yang membuang limbah, tetapi adakalanya untuk melengkapinya kita juga harus membelinya dari para pengumpul limbah.
Biaya pembelian limbah merupakan salah satu unsur biaya produksi yang berupa…
a. Biaya transportasi d. Biaya bahan baku
b. Biaya promosi e. Biaya overhad
c. Biaya tenaga kerja
32. Berikut ini yang bukan merupakan sarana dalam pengolahan sumber daya adalah…
a. Bahan d. Metode
b. Mesin e. Sumber daya manusia
c. Pelanggan
33. Kebebasan perusahaan dalam menentukan harga bergantung pada jenis pasar berbeda merupakan faktor penetapan harga jual dari…
a. Persaingan d. Pertimbangan organisasi
b. Biaya e. Tujuan pemasaran
c. Pasar dan permintaan
34. Untuk mempermudan konsumen dalam mendistribusikan barang secara lansung merupakan fungsi pasar..
a. Pembentukan nilai harta d. Penyaluran
b. Promosi e. Teknik penjualan
c. Pendistribusian
35. Apabila ini terjadi, maka akan dapat mempengaruhi rancangan produk yang akan dibuat serta keputusan harga jual produk, adalah….
a. Perencanaan d. Pertemanan
b. Perakitan e. Persaingan
c. Persekongkolan
36. Perencanaan kemasan yang baik melibatkan beberapa undur penting, salah satunya yakni…
a. Rencana pemasaran keberbagai wilayah
b. Desain grafis yang yang tidak mencolok
c. Desain fungsional yang baik
d. Kemasan yang aman dan tahan lama
e. Mempertinggi nilai jual produk
37. Makanan khas daerah yang telah dimodifikasi memiliki keunggulan diantaranya…
a. Bebas dari bahan pengawet
b. Harganya lebih terjangkau
c. Tidak mengandung bahan kimia berbahaya
d. Lebih mudah dijumpai di pasaran
e. Update dengan perkembangan zaman
38. Produk makanan khas daerah berikut yang banyak mengandung vitamin adalah…
a. Gulai ayam dan bajigur
b. Karedok dan keripik pisang
c. Rendang dan ayam betutu
d. Papeda dan gudeg
e. Bandrek dan sate
39. Tujuan khusus dari usaha makanan khas daerah ialah…
a. Menghasilkan makanan dengan cita rasa yang menarik
b. Membunuh mikroorganisme berbahaya
c. Mempertahankan dan meningkatkan gizi
d. Meningkatkan daya cerna
e. Melestarikan makanan tradisional dan mengenalkan cita rasa daerah masing-masing
40. Mutu produk makanan khas daerah yang dimodifikasi tergantung dari beberapa hal antara lain…
a. Kelayakan bahan, mengendalikan mutu, dan proses produksi
b. Kualitas bahan, pengolahan bahan, dan pemasaran produk
c. Jenis bahan, kualitas pembuatan, dana pemasaran produk
d. Bahan yang digunakan, proses produksi, pengawasan mutu, peralatan yang digunakan dan personalia
e. Proses produksi, pengawasan mutu, dan selera konsumen
41. Langkah keselamatan kerja dalam proses produksi makan khas daerah dapat dilakukan dengan cara…
a. Mrnggunakan bahan-bahan alami dalam proses pembuatan makanan khas daerah
b. Memakai alat pelindung pada proses pembuatan makanan khas daerah
c. Melakukan pengawasan total pada seluruh proses produksi
d. Meningkatkan kualitas bahan
e. Menghindari bahan kimia dan bahan-bahan yang menyebabkan iritasi
42. Langkah-langkah melakukan usaha makanan khas daerah yang dimodifikasi diantaranya…
a. Menentukan tujuan usaha, sasaran usaha, jenis produk, dan struktur organisasi
b. Menentukan peluang pasar, saran konsumen, dan jenis produk
c. Menentukan tujuan usaha, modal yang digunakan, dan sasaran konsumen
d. Menentukan jenis produk, modal usaha, da sasaran konsumen
e. Menentukan peluang pasar, jenis produk, dan modal usaha
43. Tujuan pemilihan metode yang tepat pada proses pembuatan makanan khas daerah adalah…
a. Untuk mengklasifikasikan jenis makanan khas daerah yang di produksi
b. Meningkatkan uji kualitas bahan dan efisiensi bahan yang digunakan dalam proses produksi
c. Mempercepat proses dan efisiensi bahan yang digunakan dalam produksi
d. Untuk menghasilkan produk makanan yang seragam serta memiliki keawetan yang panjang
e. Meningkatkan nilai jual produk dan menghemat penggunaan bahan pada proses produksi
44. Peluang usaha produk makanan khas daerah modifikasi sangat menjanjikan. Hal ini dikarenakan beberapa faktor meliputi…
a. Persaingan usaha makanan semakin meningkat diberbagai negara
b. Bahan pembuatan makanan khas mudah didapat
c. Banyak ditemukan makanan khas daerah yang mengandung bahan berbahaya
d. Makanan khas daerah sangat beranekaragam dan di jual dalam berbagai varian sesuai kebutuhan konsumen
e. Maish sedikitnya prodesen makanan khas modifikasi yang memiliki cita rasa tinggi
45. Kesempatan yang muncul dari sebuah kejadian atau momen adalah pengertian dari…
a. Ide d. Ciri peluang usaha
b. Nilai jual e. Usaha potensial
c. Peluang
46. Bila pemesanan meminta produsen untuk membuat produk yang dimulai dari proses perancangnya, merupakan pengertian dari…
a. Egeenering to order d. Move to stock
b. Make to order e. Pack to order
c. Assembly to order
47. Berikut ini yang merupakan karakteristik aliran operasi adalah…
a. Continous c. Proyek e. Job shop
b. Flow shop d. Batch
48. Banyak variasi produk dan volume, merupakan salah satu sistem induksi dari…
a. Continus c. Proyek e. Flow shop
b. Batch d. Job shop
49. Berikut ini yang merupakan manfaat proposal usaha adalah…
a. Mengembangkan dan menguji strategi hasil yang
diharapkan
b. Pemanpaatan peluang secara kreatif dan inovatif
c. Menanggulangi resiko usaha
d. Peluang dan gagasan atau ide usaha
e. Analisis kemungkinan keberhasilan dan kegagalan
usaha
50. Yang termasuk dalam aspek produksi dalam proposal usaha adalah…
a. Jenis usaha d. Kebutuhan tenaga kerja
b. Kondisi pasar e. Diskripsi umum
c. Administrasi
a. Pembentukan nilai harta d. Penyaluran
b. Pendistribusian e. Teknik penyaluran
c. Promosi
2. Berikut ini yang bukan merupakan sarana dalam pengelolaan sumber daya adalah…
a. Bahan d. Sumber daya manusia
b. Mesin e. Pelanggan
c. Mtode
3. Menentukan standarisasi atau spesifikasi kerajinan yang dibuat merupakan salah satu aspek dari…
a. Pengelolaan persediaan produksi
b. Pengelolaan sumber daya
c. Deain proses produksi
d. Pendistribusian
e. Fungsi pasar
4. Yang bukan merupakan faktor internal perusahaan dalam mempengaruhi penetapan harga jual adalah…
a. Tujuan pemasaran d. Biaya
b. Perhitungan organisasi e. Strategi bauran
c. Persaingan
5. Kebebasan perusahaan dalam membentuk harga tergantung pada jenis pasar berbeda merupakan faktor penetapan harga jual dari…
a. Persaingan
b. Pasar dan permintaan
c. Tujuan pemasaran
d. Pertimbangan organisasi
e. Biaya
6. Pasar termasuk dalam pasar persaingan sempurna, persaingan monopolistik, ologopolistik, maupun monopoli murni merupakan faktor perusahaan…
a. Persaingan d. Faktor eksternal
b. Biaya e. Pasar dan permintaan
c. Strategi bauran
7. Berikut ini langkah yang dilakukan untuk memulai usaha.
1. Bertindaklah
2. Tentukan ide usaha
3. Slalu belajar dan lakukan pengamatan
4. Ciptakan visi dan misi usaha
5. Hadapi hambatan dan kegagalan
Urutan yang tepat adalah…
a. 1,2,3,4,5 d. 3,2,1,4,5
b. 2,5,1,3,4 e. 3,4,2,1,5
c. 2,4,1,3,5
8. Berikut yang bukan faktor penting dalam menentukan harga jual adalah...
a. Pelanggan d. Pemanfaatan untuk usaha
b. Pesaing e. Promosi
c. Biaya
9. Modal usaha biasanya berupa…
a. Harta benda d.Uang
b. Alat-alat e. Semua benar
c. Barang-barang
10. Bentuk komunikasi yang menggunakan media individu merupakan pengertian dari…
a. Iklan d. Sponsorship
b. Penjualan personal e. Publikasi
c. Promosi penjualan
11. Menginformasikan produk merupakan salah satu cara membangun komunikasi dengan cara…
a. Iklan d. Publikasi
b. Promosi e. Sponsorship
c. Penjualan personal
12. Budidaya unggas petelur bermanfaat untuk…
a. Mendukung para pengusaha muda
b. Bersaing dengan negara maju
c. Meningkatkan peluang usaha
d. Memenuhi kebutuhan protein hewani
e. Memenangkan kontes budidaya unggas
13. Unggas petelur yang dibudidayakan meliputi…
a. Ayam, itik, dan puyuh
b. Burung dara, entok, dan ayam
c. Ikan koi, ikan koki, dan ikan gurame
d. Ayam, angsa, dan puyuh
e. Puyuh, ayam, dan angsa
14. Faktor-faktor berikut yang tidak mempengaruhi kebehasilan budidaya ternak unggas petelur diantaranya…
a. Bibit unggas petelur yang baik
b. Pakan yang lengkap, baik kandungan gizi
maupun jumlahnya
c. Kandang yang kuat, bersih, dan nyaman bagi
unggas petelur
d. Tata cara pemeliharaan unggas petelur yang
sesuai prosedur
e. Pengendalian dan teknik pemasaran unggas
petelur
15. Kandang yang baik bagi unggas harus memenuhi salah satu syarat berikut…
a. Kandang harus selalu bersih dan diberi jerami
b. Kandang sebaiknya diberi temperatur lebih lebih
400C
c. Kelembaban kandang berkisar harus 50%
d. Penerangan hars maksimal disetiap sudut
kandang dan pusat kandang
e. Persiapkan kebutuhan seperti tempat makan
dan minum.
16. Kemampuan orang untuk melahirkan sesuatu yang baru baik berupa gagasan maupun karya yang relatif berbenda dengan apa yang telah ada sebelumnya disebut…
a. Inovasi d .Distribusi
b. Kreativitas e. Aplikasi
c. Solusi
17. Contoh limbah yang sulit terurai adalah…
a. Limbah peternakan d. Limbah kertas
b. Limbah pertanian e. Sisa makanan
c. Limbah plastik
18. Target pemasaran benda kerajinan yang baik memperhatikan….benda.
a. Fungsi d. Ekonomi
b. Wujud e. Bahan
c. Sifat
19. Karya dari barang bekas dan bahan alami bekas menggunakan teknik seperti apa…
a. Tempel d. Tulis
b. Ukir e. Gambar
c. Lukis
20. Proses pengelolaan produk merupakan kegiatan untuk menambah…
a. Barag dan jasa d. Barang
b. Kerja sama e. Tenaga kerja
c. Bahan baku
21. Faktor-faktor yang mempengaruhi kelancaran produksi adalah…
a. Kerja sama dan tekun
b. Tenaga kerja, dana dan mesin
c. Tekun dan pantang menyerah
d. Tenaga kerja, mesin, bahan baku dan dana
e. Bahan baku dan dana
22. Komponen-komponen yang membentuk sistem produksi terdiri atas…kecuali
a. Tujuan yang mendasari
b. Aktifitas berupa proses
c. Mekanisme yang mengendalikan
d. Perencanaan dan pengendalian
e. Mempunyai tujuan tertentu
23. Yang termauk dalam aspek produksi dalam proposal adalah…
a. Jenis usaha d. Kebutuhan
b. Kondisi pasar e. Diskripsi umum
c. Administrasi
24. Faktor-faktor yang mempengaruhi harga jual adalah…
a. Internal perusahaan
b. Terpenuhinya target
c. Strategi penjualan
d. Loyalitas
e. Terjun kelapangan
25. Berikut ini termasuk limbah padat, kecuali…
a. Sampah organic d. Sampah industri
b. Buangan industri e.Bangkai binatang
c. Air buangan industri
26. Syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi seorang wirausaha adalah ……
a. Mempunyai modal yang sangat besar
b. Mempunyai rekan kerja yang banyak dan terpercaya
c. Berani menghadapi segala resiko yang akan menimpanya
d. Mampu bersaing dengan orang lain yang bergerak di bidang yang sama
e. Bersedia bekerja keras dan bertanggung jawab atas pekerjaanya
27. Keuntungan menjadi wirausahawan diantaranya …
a. Mampu bergaul dan bersifat luwes
b. Dapat memerintah bawahan semau kita
c. Belajar dari pergaulan
d. Terbuka peluang kesempatan untuk menjadi
bos di perusahaan sendiri
e. Terbuka kesempatan untuk mengenal banyak
orang
28. Setiap tempat dapat memiliki limbah yang berbeda-beda diwilayah dimana kalian bertempat tinggal, ini merupakan salah satu alas an bahwa produk kerajinan bias menjadi peluang untuk memasuki pasar dengan limited edition beruapa…
a. Kegunaannya d. Keartistikannya
b. Keberagamannya e. keunikannya
c. Keterbatasannya
29. Agar produk kerajinan yang dihasilkan memiliki standar, maka dalam pemanfaatan limbah untuk memproduksi produk hiasan harus memiliki…
a. Kualitas dan ketentuannya
b. Jumlah yang cukup dengan jenis limbah
c. Kesesuaian warnanya
d. Lebih banyak dari yag diperkirakan
e. Jumlah seadanya saja
30. Selain berfungsi untuk melindungi produk dari benturan atau cuaca juga memberikan kemudahan dalam membawa, adalah….
a. Fungsi guna
b. Fungsi tempat
c. Fungsi pengangkutan
d. Fungsi perlindungan
e. Fungsi kemasan
31. Meskipun bahan baku produk kerajinan dapat diperoleh gratis dari rumah tangga atau pabrik yang membuang limbah, tetapi adakalanya untuk melengkapinya kita juga harus membelinya dari para pengumpul limbah.
Biaya pembelian limbah merupakan salah satu unsur biaya produksi yang berupa…
a. Biaya transportasi d. Biaya bahan baku
b. Biaya promosi e. Biaya overhad
c. Biaya tenaga kerja
32. Berikut ini yang bukan merupakan sarana dalam pengolahan sumber daya adalah…
a. Bahan d. Metode
b. Mesin e. Sumber daya manusia
c. Pelanggan
33. Kebebasan perusahaan dalam menentukan harga bergantung pada jenis pasar berbeda merupakan faktor penetapan harga jual dari…
a. Persaingan d. Pertimbangan organisasi
b. Biaya e. Tujuan pemasaran
c. Pasar dan permintaan
34. Untuk mempermudan konsumen dalam mendistribusikan barang secara lansung merupakan fungsi pasar..
a. Pembentukan nilai harta d. Penyaluran
b. Promosi e. Teknik penjualan
c. Pendistribusian
35. Apabila ini terjadi, maka akan dapat mempengaruhi rancangan produk yang akan dibuat serta keputusan harga jual produk, adalah….
a. Perencanaan d. Pertemanan
b. Perakitan e. Persaingan
c. Persekongkolan
36. Perencanaan kemasan yang baik melibatkan beberapa undur penting, salah satunya yakni…
a. Rencana pemasaran keberbagai wilayah
b. Desain grafis yang yang tidak mencolok
c. Desain fungsional yang baik
d. Kemasan yang aman dan tahan lama
e. Mempertinggi nilai jual produk
37. Makanan khas daerah yang telah dimodifikasi memiliki keunggulan diantaranya…
a. Bebas dari bahan pengawet
b. Harganya lebih terjangkau
c. Tidak mengandung bahan kimia berbahaya
d. Lebih mudah dijumpai di pasaran
e. Update dengan perkembangan zaman
38. Produk makanan khas daerah berikut yang banyak mengandung vitamin adalah…
a. Gulai ayam dan bajigur
b. Karedok dan keripik pisang
c. Rendang dan ayam betutu
d. Papeda dan gudeg
e. Bandrek dan sate
39. Tujuan khusus dari usaha makanan khas daerah ialah…
a. Menghasilkan makanan dengan cita rasa yang menarik
b. Membunuh mikroorganisme berbahaya
c. Mempertahankan dan meningkatkan gizi
d. Meningkatkan daya cerna
e. Melestarikan makanan tradisional dan mengenalkan cita rasa daerah masing-masing
40. Mutu produk makanan khas daerah yang dimodifikasi tergantung dari beberapa hal antara lain…
a. Kelayakan bahan, mengendalikan mutu, dan proses produksi
b. Kualitas bahan, pengolahan bahan, dan pemasaran produk
c. Jenis bahan, kualitas pembuatan, dana pemasaran produk
d. Bahan yang digunakan, proses produksi, pengawasan mutu, peralatan yang digunakan dan personalia
e. Proses produksi, pengawasan mutu, dan selera konsumen
41. Langkah keselamatan kerja dalam proses produksi makan khas daerah dapat dilakukan dengan cara…
a. Mrnggunakan bahan-bahan alami dalam proses pembuatan makanan khas daerah
b. Memakai alat pelindung pada proses pembuatan makanan khas daerah
c. Melakukan pengawasan total pada seluruh proses produksi
d. Meningkatkan kualitas bahan
e. Menghindari bahan kimia dan bahan-bahan yang menyebabkan iritasi
42. Langkah-langkah melakukan usaha makanan khas daerah yang dimodifikasi diantaranya…
a. Menentukan tujuan usaha, sasaran usaha, jenis produk, dan struktur organisasi
b. Menentukan peluang pasar, saran konsumen, dan jenis produk
c. Menentukan tujuan usaha, modal yang digunakan, dan sasaran konsumen
d. Menentukan jenis produk, modal usaha, da sasaran konsumen
e. Menentukan peluang pasar, jenis produk, dan modal usaha
43. Tujuan pemilihan metode yang tepat pada proses pembuatan makanan khas daerah adalah…
a. Untuk mengklasifikasikan jenis makanan khas daerah yang di produksi
b. Meningkatkan uji kualitas bahan dan efisiensi bahan yang digunakan dalam proses produksi
c. Mempercepat proses dan efisiensi bahan yang digunakan dalam produksi
d. Untuk menghasilkan produk makanan yang seragam serta memiliki keawetan yang panjang
e. Meningkatkan nilai jual produk dan menghemat penggunaan bahan pada proses produksi
44. Peluang usaha produk makanan khas daerah modifikasi sangat menjanjikan. Hal ini dikarenakan beberapa faktor meliputi…
a. Persaingan usaha makanan semakin meningkat diberbagai negara
b. Bahan pembuatan makanan khas mudah didapat
c. Banyak ditemukan makanan khas daerah yang mengandung bahan berbahaya
d. Makanan khas daerah sangat beranekaragam dan di jual dalam berbagai varian sesuai kebutuhan konsumen
e. Maish sedikitnya prodesen makanan khas modifikasi yang memiliki cita rasa tinggi
45. Kesempatan yang muncul dari sebuah kejadian atau momen adalah pengertian dari…
a. Ide d. Ciri peluang usaha
b. Nilai jual e. Usaha potensial
c. Peluang
46. Bila pemesanan meminta produsen untuk membuat produk yang dimulai dari proses perancangnya, merupakan pengertian dari…
a. Egeenering to order d. Move to stock
b. Make to order e. Pack to order
c. Assembly to order
47. Berikut ini yang merupakan karakteristik aliran operasi adalah…
a. Continous c. Proyek e. Job shop
b. Flow shop d. Batch
48. Banyak variasi produk dan volume, merupakan salah satu sistem induksi dari…
a. Continus c. Proyek e. Flow shop
b. Batch d. Job shop
49. Berikut ini yang merupakan manfaat proposal usaha adalah…
a. Mengembangkan dan menguji strategi hasil yang
diharapkan
b. Pemanpaatan peluang secara kreatif dan inovatif
c. Menanggulangi resiko usaha
d. Peluang dan gagasan atau ide usaha
e. Analisis kemungkinan keberhasilan dan kegagalan
usaha
50. Yang termasuk dalam aspek produksi dalam proposal usaha adalah…
a. Jenis usaha d. Kebutuhan tenaga kerja
b. Kondisi pasar e. Diskripsi umum
c. Administrasi

Post a Comment for "Soal PAS Prakarya Kelas XII K13"